Site icon Ujung Jari

Hadirkan Penddidikan Berkualitas, Putera Sampoerna Foundation Raih Penghargaan dari BPMP Gorontalo

GORONTALO, UJUNGJARI– Kontribusi Putera Sampoerna Foundation (PSF) dalam bidang pendidikan di Indonesia selama ini telah mendapatkan apresiasi berbagai pihak.

Salah satunya adalah pemerintah Provinsi Gorontalo yang memandang komitmen PSF sebagai lembaga sosial terhadap dunia pendidikan yang cukup besar.

Karena itu, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo mengundang PSF untuk hadir menerima penghargaan atas kontribusinya dalam mendukung dan mewujudkan transformasi pendidikan berkualitas di Indonesia. Selain PSF, perusahaan teknologi global Google juga merupakan salah satu dari penerima penghargaan tersebut.

PSF dinilai telah aktif berperan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh pemerintah. PSF terus berinovasi dalam menciptakan program-program pendidikan yang berkelanjutan, yang bertujuan untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi generasi muda di seluruh Indonesia.

Kegiatan bertema “Refleksi dan Apresiasi Merdeka Belajar Tahun 2024” ini juga dihadiri oleh PJ Gubernur Gorontalo Mohammad Rudy Salahuddin dan sejumlah kepala dinas pendidikan dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di “negeri Serambi Madinah” tersebut. Kehadiran mereka akan memberikan apresiasi lebih terhadap upaya yang telah dilakukan oleh PSF dalam mendukung transformasi pendidikan di daerah.

“Merupakan kehormatan bagi kami untuk menerima penghargaan dari BPMP Provinsi Gorontalo. Kami berkomitmen untuk terus mendukung transformasi pendidikan di Indonesia, terutama dalam menciptakan kesempatan pendidikan berkualitas yang sesuai dengan prinsip Merdeka Belajar. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan nasional,” ujar Akbar Sugema Allutfi selaku Chief Marketing Officer, Putera Sampoerna Foundation .

Penghargaan ini mencerminkan pengakuan terhadap upaya PSF dalam mendukung berbagai inisiatif pendidikan di Gorontalo, termasuk program pelatihan guru dan kepala sekolah, pengembangan kurikulum, dan peningkatan akses pendidikan bagi komunitas yang kurang terlayani. PSF telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan institusi pendidikan setempat untuk membangun ekosistem pembelajaran yang inovatif, sejalan dengan semangat Merdeka Belajar yang menekankan pada pembelajaran yang mandiri, kreatif, dan kolaboratif.

Kolaborasi antara PSF dan BPMP Provinsi Gorontalo berfokus pada pengembangan kapasitas guru dan kepala sekolah terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Untuk peserta program guru, dilakukan pelatihan daring secara berjenjang melalui pelantar Guru Binar dengan topik pelatihan terkait pengembangan tujuan pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, media pembelajaran berbasis papan permainan daring serta pengembangan asesmen dan lembar kerja berbasis digital. Para peserta diberikan pendampingan intensif oleh tim fasilitator Guru Binar.

Selain itu, program juga dilaksanakan dalam bentuk rangkaian webinar berkala kepada para pemimpin sekolah tentang analisa rapor pendidikan. Para peserta program dibimbing untuk menerapkan materi tersebut dan mengumpulkan dokumentasi hasil implementasi di pelantar Guru Binar sebagai bentuk portofolio sehingga perkembangan para peserta dapat terpantau.

“Tanggung jawab kami tidak berhenti di sini. Penghargaan ini justru menjadi dorongan untuk terus memperluas dampak positif PSF di sektor pendidikan. Kami berkomitmen untuk terus bermitra dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun komunitas lokal, dalam mewujudkan pendidikan berkualitas dan relevan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tutupnya. (*)

***

Tentang Putera Sampoerna Foundation

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah sebuah institusi bisnis sosial pertama di Indonesia yang bertujuan untuk memajukan Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas. Dengan rekam jejak selama 20 tahun, Institusi ini didirikan untuk menjalankan berbagai misi sosial, dan pada tahun 2015 berfokus pada sektor pendidikan sebagai pilar utama organisasi – karena PSF percaya bahwa pendidikan yang berkualitas menjadi kunci penting untuk pengembangan bangsa di masa depan.

Dedikasi PSF diwujudkan dengan serangkaian program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, di mana PSF membentuk Sampoerna School System, sebuah sistem edukasi berbasis kurikulum internasional yang terintegrasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini sampai dengan jenjang sekolah tingkat tinggi. Di bawah naungan School Development Outreach (SDO), PSF menjalankan berbagai program, antara lain dengan memberikan lebih dari 43.000 penerima beasiswa yang merupakan siswa-siswi berprestasi  di Indonesia, serta menjangkau lebih dari 33.661 Guru dan Kepala Sekolah dan 416.109 siswa, 109.560 orang tua serta 152 sekolah di Indonesia. (*)

 

Exit mobile version