JAKARTA, UJUNGJARI.COM–Integritas mudah diucapkan namun menantang untuk diimplementasikan.

Integritas adalah kejujuran. Integritas juga bermakna mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Definisi integritas ini disampaikan Kepala Badan POM RI, Taruna Ikrar saat menjadi keynote speaker Cafe Integritas BPOM senin 21 Oktober 2024.

Taruna ikrar menjelaskan kapan kita tidak jujur akan di rasakan tidak nyaman, damai, dan ada ketakutan.

Makanya, kata dia harus jadi contoh adalah pimpinan nya dan Jajaran BPOM sebagai penyelenggara pelayanan publik harus mengimplementasikan kejujuran dan integritas sebagai nilai antikorupsi.

Lanjut Taruma Ikrar seperti arahan presiden Prabowo Subianto kita harus melayani bukan dilayani, khususnya kolaborasi dengan upaya konkret dalam penerapannya di lingkup birokrasi.

Misalnya menghindari kecurangan, tidak menerima suap, tidak membocorkan rahasia negara, serta bertindak sesuai dengan perkataan sama perbuatan.

Lanjut Taruna keberhasilan membentuk budaya integritas tidak hanya bergantung pada pimpinan tapi seluruh pegawai BPOM, berbekal semangat perlu berupaya memperbaiki diri dari waktu ke waktu membangun budaya integritas di tempat kerja di manapun ditugaskan.

“Tentunya saling mengingatkan baik semua lintas sektor untuk mengukir kejujuran,” katanya.