GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebanyak 10 ribu benih ikan nila dan mas ditebar di Danau Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Kamis (17/10).

Penebaran benih ikan ini dilakukan Pj Ketua TP PKK Sulawesi Selatan Ninuk Triyanti Zudan dan Ketua DWP Sulawesi Selatan Melani Simon Jufri didampingi Ketua TP PKK Gowa Priska Paramita Adnan bersama Ketua DWP Gowa Suryanti Andy Azis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Empat istri pimpinan ini melakukan restocking ikan agar masyarakat di sekitar danau bisa menikmati makan ikan. Selain itu, seperti dikatakan Priska bisa memberikan manfaat dalam peningkatan kesejahteraan dan pendapatan nelayan pada khususnya dan masyarakat Gowa pada umumnya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Perikanan Sulsel bersama DWP Sulsel ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Sulsel ke-335 tahun ini.

“Kami sangat mengapresiasi karena ini baru pertama kali dilakukan oleh PKK dan DWP Sulsel di Gowa, khususnya di Danau Mawang. Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan di masa yang akan datang,” kata istri Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Diakui Priska, kegiatan restocking ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam peningkatan gizi masyarakat dan dalam penanggulangan kemiskinan dan stunting.

“Karena dari hasil restocking ini tentu masyarakat atau nelayan di wilayah ini bisa menjaga dan melestarikan benih ikan yang kita sudah tebar agar bisa dimanfaatkan atau dinikmati, dimakan daging ikannya dan kalau dijual nelayan bisa menikmati hasil jualnya,” kata Priska.

Pj Ketua TP PKK Sulawesi Selatan Ninuk Triyani Zudan mengatakan, semua kegiatan yang dilakukan PKK bersama DWP diharapkan bisa mendukung program-program pemerintah dalam mengentaskan permasalahan-permasalahan, salah satunya permasalahan kemiskinan ekstrem, kemudian penurunan angka stunting dan sebagainya.

“Memang di dalam melaksanakan semua kegiatan, semua organisasi selalu bergerak bersama, selalu sinergi, jadi tidak sendiri-sendiri,” Kata Ninuk.

Dengan adanya ribuan benih ikan di Danau Mawang ini diharapkan kesejahteraan masyarakat akan menjadi lebih baik lagi, bisa berfungsi tidak hanya ekonomi, tapi juga sebagai sumber dari sosial budaya masyarakat.

“Dengan penebaran benih ikan ini fungsi ekonominya bisa tumbuh dengan baik, karena semua orang bisa mancing dan sebagainya,” kata Ninuk lagi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Muhammad Ilyas menjelaskan, dengan melakukan restocking kurang lebih 10 ribu benih ikan di Danau Mawang maka masyarakat bisa dengan leluasa menangkap ikan.

“Dan dalam hitungan tiga sampai empat bulan kedepan masyarakat sudah bisa menikmati hasilnya kemudian juga tentu ketahanan dan kedaulatan pangan di Kabupaten Gowa diharapkan akan lebih stabil lagi,” kata Ilyas. –