BULUKUMBA, UJUNGJARI— Puluhan personel tim terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba yang terdiri dari Satgas DLHK, Tagana, Satpol-PP serta tim kendali banjir Dinas PUTR bergotong royong bersih-bersih sampah di pantai sekitaran Pelabuhan Bira, Kamis (17/10).

Dalam bersih-bersih pantai itu, Asisten Bupati Bulukumba Umrah Asnawi dan Kepala Dinas DLHK Bulukumba Andi Uke Indah Permatasari juga turun langsung bersama tim terpadu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Andi Uke Indah Permatasari mengatakan bahwa meski Pelabuhan Bira merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, namun Pemkab Bulukumba tak tinggal diam untuk membantu pembersihan sampah.

Sebab, kata Andi Uke sapaannya, Pemkab Bulukumba berkomitmen untuk mewujudkan Bulukumba Bersih. Dengan demikian, aksi bersih-bersih di sekitaran Pelabuhan Bira adalah tanggung jawab bersama.

“Kita juga sudah bantu di sana tempat sampah. Sisa memang edukasi untuk tidak membuang sampah sembarangan harus dimassifkan,” ungkap Andi Uke.

Sementara itu, Kepala Seksi Keselamatan UPT ASDP Bira, H Syahyadi mengaku bersyukur dengan adanya tim terpadu Pemkab Bulukumba dalam melakukan aksi bersih-bersih pantai tersebut.

“Alhamdulillah juga berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba. Selain itu, perhatian masyarakat cukup antusias. Sehingga kita bisa gotong royong. Semoga bisa berkesinambungan menjaga kebersihan ini,” katanya.

“Kami sedang mencetak papan bicara untuk media informasi agar masyarakat lebih sadar akan kebersihan di area pelabuhan,” sambung Syahyadi. (*)