ikut bergabung

PJI Sulsel Kembangkan Unit Usaha Agrobisnis


Makassar

PJI Sulsel Kembangkan Unit Usaha Agrobisnis

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pengurus Daerah (Pengda) Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengembangkan unit usaha agrobisnis.

Unit usaha ini menjadi awal berdirinya Koperasi Serba Usaha (KSU) yang diberi nama “Jurnalis Mandiri Sejahtera”.

Unit usaha agrobisnis oleh Pengda PJI Sulsel dimulai dengan penanaman 2.000 bibit cabai jenis Bhaskara dengan sistem tanam menggunakan wadah berbentuk plastik (polybag).

Ketua Pengda PJI Sulsel, Syafril Rahmat menjelaskan, penanaman 2.000 bibit cabai dimulai sejak Februari hingga awal Oktober ini. Sebagian besar cabai telah siap panen dan rencananya akan dijual ke sejumlah pedagang di pasar-pasar tradisional.

“Jadi hari ini kami sudah mulai panen karena sebagian besar cabai sudah memerah. Ini panen pertama kami, mudah-mudahan ke depan kami bisa panen dalam jumlah yang lebih besar lagi,” kata Syafril usai panen perdana di Kebun Organik PJI Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Minggu (6/10/2024).

Syafril mengaku belum ada bantuan pemerintah dalam pengembangan unit usaha yang dirintis Pengda PJI Sulsel. Kendati demikian, dia berharap agar koperasi yang akan dibentuk nanti bisa mendapat bantuan modal usaha dari perbankan.

“Belum ada bantuan pemerintah, masih dari swadaya beberapa anggota. Kami ingin Koperasi ini dikelola dengan profesional dan hasilnya dapat digunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan organisasi dan anggota,” jelas Syafril.

Untuk lebih meningkatkan efisiensi dan produktivitas hasil tanaman, pihaknya juga akan menggunakan cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah (hidroponik).

Baca Juga :   7 Masjid dan Lahan Pekuburan di Kapasa Raya Segera Disertifikasi

“Untuk sementara kami masih menggunakan polybag. Nanti kami tingkatkan menjadi hidroponik, agar lebih cepat panennya dan kualitasnya juga lebih baik. Jadi nanti tidak hanya cabai, kami juga siapkan beberapa komoditas tanaman lainnya,” tambahnya.

Menurut Syafril, pengembangan unit usaha ini dalam rangka mendorong kemandirian organisasi secara financial serta meningkatkan kemampuan wirausaha jurnalis khususnya yang tergabung dalam Pengda PJI Sulsel.

“Kami berusaha agar tidak selalu bergantung pada proposal kegiatan. Pengelolaan Koperasi nantinya juga saya harap bisa bantu perekonomian teman-teman di PJI Sulsel,” harapnya.  (**)

dibaca : 75



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top