ikut bergabung

Lembaga Survey Indikator: Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal 57,3 %, Andi Islamuddin-Andi Irwandi 14,2 %, dan Andi Rio Padjalangi-Amir Mahmud 9,5 %


Politik

Lembaga Survey Indikator: Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal 57,3 %, Andi Islamuddin-Andi Irwandi 14,2 %, dan Andi Rio Padjalangi-Amir Mahmud 9,5 %

JAKARTA, UJUNGJARI.COM — Lembaga survei nasional terkenal dan terpercaya, Indikator, yang dipimpin Prof. Burhanuddin Muhtadi MA Ph.D, kembali merilis survei terbarunya terkait Pemilihan Bupati (Pilbup) Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon (paslon) Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal Pasluddin (Beramal) unggul jauh dibanding paslon lain

Tercatat, dalam laporan lembaga survei nasional ini, paslon Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal (Beramal) melejit dengan capaian elektabilitas 57,3 persen. Disusul paslon Andi Islamuddin-Andi Irwandi Natsir 14,2 persen.

Di urutan ke-3, Andi Rio Padjalangi-Amir Mahmud dengan angka 9,5 persen. Sedang responden yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 18,9 persen.

Dengan rentang jarak angka yang demikian besar, dapat dikatakan bila pasangan calon (paslon) Beramal sudah sulit terkejar lagi, mengingat waktu pemilihan hanya tersisa kurang lebih satu bulan lagi.

Survei Indikator ini dilakukan pada 26 September-3 Oktober 2024. Dalam survei ini, Indikator juga mencoba melakukan pemetaan popularitas, akseptabilitas serta elektabilitas paslon yang ikut berkompetisi dalam kontestasi Pilbup Bone, Sulsel.

Di samping itu survei ini juga ingin memotret kecenderungan perilaku pemilih dalam perspektif gender, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan, preferensi agama, afiliasi ormas dan preferensi suku dan lain-lain.

Pada survei terkait Top of Mind Calon Bupati Bone, nama Andi Asman Sulaiman berada di puncak dengan 40,1 persen. Andi Islamuddin 8,0 persen, Andi Akmal Pasluddin 5,1 persen, Andi Rio Padjalangi 4,6 persen dan Andi Irwan Natsir 0,3 persen.

Baca Juga :   Tekan Penyebaran Covid, Bosowa Peduli Gelar Bansos Rapid Test Gratis di Lakkang

Dalam survei tingkat kesukaan (akseptabiltas), pasangan Andi Asman Sulaiman dan Andi Akmal Pasluddin kembali unggul dengan 92,0 persen dan 94,5 persen, sementara pasangan Andi Rio Padjalangi dan Amir Mahmud 82,4 persen dan 78,9 persen, serta pasangan Andi Islamuddin dan Andi Irwandi Natsir sebesar 81,8 persen dan 85,5 persen.

Di samping itu, Indikator juga memotret basis pemilih kuat dan lemah setiap paslon. Hasilnya, paslon Andi Asman Sulaiman dan Andi Akmal memiliki basis pemilih kuat yang signifikan, yakni sebesar 85,6 persen, Andi Islamuddin dan Andi Irwandi 66,0 persen, sedang Andi Rio dan Amir Mahmud 41,4 persen.

Sementara itu, dalam survei ini juga tercatat bahwa jumlah pemilih yang tidak lagi akan mengubah pilihannya sebesar 77 persen. Dengan demikian, mayoritas pemilih di Kabupaten Bone sudah mantap dengan pilihan masing-masing.

dibaca : 135

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top