ikut bergabung

Akademisi Muda UMS Sidrap, Abdul Jabbar Sukses Capai Predikat Doktor Administrasi Publik


Berita

Akademisi Muda UMS Sidrap, Abdul Jabbar Sukses Capai Predikat Doktor Administrasi Publik

SIDRAP, UJUNGJAR.COM — Pendidikan adalah investasi masa depan. Hal itu diungkapkan oleh Abdul Jabbar, Akademisi Muda UMS Rappang setelah resmi meraih Gelar Doktor Bidang Administrasi Publik Universitas Hasanuddin, di Aula Prof. Syukur Abdullah Lantai 3 FISIP Unhas, Rabu, 02 Oktober 2024.

Pria yang kini berusia 33 tahun asal Sidrap ini, mengangkat judul disertasi “Model Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah (Studi : Upaya dalam Mendukung Produktivitas Pertanian di Kabupaten Sidenreng Rappang).

“Pada prinsipnya, hasil penelitian ini menemukan bahwa ada beberapa variabel yang dapat mendukung produktivitas pertanian. Termasuk peran strategis pemerintah daerah jika ditinjau dari teori dan pendekatan berdasarkan dimensi UNDP (1998), baik secara individu, organisasi dan sistem yang dijalankan”ucap Jabbar yang juga saat ini dipercaya sebagai Juru Bicara SAR Kanaah.

Baca Juga

Komitmen pada integrasi visi misi, kebijakan dan program kegiatan pemerintah daerah dalam mewujudkan Visi sebagai Daerah Agrobisnis yang Maju menjadi salah satu point dari hasil temuan penelitiannya. Selanjutnya, dukungan anggaran yang optimal dan pengembangan networking (jaringan) pemerintahan pada sektor pertanian harus menjadi skala prioritas, mengingat bahwa kabupaten Sidrap mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan potensi utama daerah ada pada sektor pertanian.

Hasil penelitian tersebut juga mengungkapkan pentingnya pemberdayaan petani milenial, penambahan jumlah SDM pertanian terutama tenaga penyuluh, pemberian reward kepada SDM pertanian dan petani berprestasi dapat mempengaruhi motivasi kerja sehingga berdampak pada upaya dalam peningkatan produkvitas pertanian.

Baca Juga :   Empat Provinsi Ramaikan Kejuaraan Bulutangkis Forkopimda

“Pada akhirnya, hasil penelitian ini menemukan model pendekatan baru sebagai novelty (kebaruan) berdasarkan konsep dan teori UNDP Capacity Deveploment Framework yang lebih adapif dan responsif sehingga hal tersebut dapat dijadikan acuan oleh pemerintah daerah dalam mendukung produktivitas pertanian”ungkap anak muda yang kini juga dipercaya menahkodai Ketua Milenial Sulsel Andalan Hati itu.

Pada ujian akhir atau ujian tutup disertasi ini, Jabbar diuji oleh 7 tim penguji diantaranya Prof. Dr. H. Sangkala, MA, Prof. Dr. Hj. Hasniati, M.Si, Prof. Alwi, M.Si, Prof. Dr. Bambang Supriono, MS (Penguji Eksternal dari Universitas Brawijaya Malang), Dr. Muhammad Rusdi, M.Si, Dr. Muhammad Tang Abdullah, M.A.P dan Dr. Syahribulan, M.Si.

Rasa haru dan bahagia semakin terasa, pada saat seluruh keluarga dan kerabat menyaksikan secara langsung prosesi Yudisium Terbuka, dimana Abdul Jabbar dinyatakan resmi dan berhak menyandang gelar Doktor dalam bidang Administrasi Publik Universitas Hasanuddin dengan predikat Sangat Memuaskan.

dibaca : 377

Laman: 1 2 3



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top