ikut bergabung

Al Hidayat Samsu; Milenial Makassar Penerus Sang Ayah di Senayan


Al Hidayat Samsu, anggota DPD RI Terpilih 2024-2029

Opini

Al Hidayat Samsu; Milenial Makassar Penerus Sang Ayah di Senayan

Keberhasilan Dayat merebut kursi DPD RI menja di pelipur lara bagi Samsu Niang. Samsu bangga karena buah hatinya bisa meneruskan kiprahnya di senayan. Meskipun ruangnya berbeda. Ia di DPR dan Dayat di DPD.

Samsu yakin dengan segala kemampuan dan kapasitas yang dimilikinya, Dayat bisa berbuat banyak untuk masyarakat Sulawesi Selatan di DPD RI. Pengalamannya sebagai mantan anggota DPRD Kota Makassar menjadi modal bagi Dayat dalam berinteraksi dan berkomunikasi di senayan.

Darah Guru dan Pencinta Olahraga

Sejatinya Dayat menjadi guru meneruskan profesi sang Ayah, Samsu Niang yang sebelum terjun ke politik puluhan tahun mengabdi sebagai oemar bakrie. Tetapi begotu menyelesaikan studinya di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, Dayat malah memilih ikut kontestasi caleg pada Pemilu 2019 lalu.

Dan pilihannya jitu. Ia terpilih menjadi anggota DPRD Makassar lewat PDI Perjuangan. Saat dilantik menjadi anggota DPRD Makassar, September 2019 lalu, Dayat menjadi anggota DPRD termuda. Ia menjadi wakil rakyat saat usianya baru 24 tahun.

Karena darah guru yang mengalir di tubuhnya itulah sehingga Dayat menginisiasi perda perlindungan guru di DPRD Makassar.

Selain di parlemen, komitmen Dayat terhadap Pendidikan juga dilakukan dengan mengelola sebuah yayasan di Kawasan Bumi Tamalanrea Permai. Namanya Yayasan La Niang. Yayasan ini mengelola jenjang pendidikan mulai sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Menariknya, yayasan ini mengelola pendidikan tanpa membebani iuran bagi siswanya.

Baca Juga :   Sosialisasi Empat Pilar di Soppeng, Samsu Niang Ajak Warga Terus Jaga Persatuan

Sebagai alumni olahraga di UNM, Dayat juga dikenal sebagai tokoh muda pencinta dan penggiat olahraga di Makassar. Ini dibuktikan dengan kesediannya memimpin FOPI Kota Makassar. FOPI adalah singkatan dari Federasi Olahraga Petanque Indonesia. Lewat tangan dingin Dayat, FOPI Kota Makassar keluar sebagai juara umum dalam event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel di Sinjai dan Bulukumba, 2022 lalu.

Tidak hanya petanque. Dayat juga respek pada cabang olahraga e-sport. Meski tidak menjadi pengurus, Dayat memberi atensi khusus pada cabang olahraga yang sedang naik daun itu dari bangku akademik. Saat menyelesaikan studi magister di Pascasarjana UNM, Dayat menulis tesis dengan judul: Trend E-Sport dalam Olahraga Kekinian (Studi Analisis komunitas E-Sport di Kota Makassar).

Dalam tesisnya, Dayat menggambarkan e-sport merupakan olahraga yang menjadi pilihan sebagian besar milenial saat ini yang perlu terus dikembangkan. Menurut dia, bagi milenial, menggeluti e-sport jauh lebih positif dan bermanfaat dibandingkan dengan layanan aplikasi elektronik lainnya yang banyak menyesatkan.

dibaca : 399

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Opini

Populer Minggu ini

Arsip

To Top