ikut bergabung

Suhu Panas Tinggi, Masyarakat Diimbau Waspada Kebakaran


WASPADA -- Kasus kebakaran lahan menjadi perhatian Disdamkar Gowa dan meminta masyarakat harus selalu waspada jika membakar sampah dilahannya. (foto/ist)

Berita

Suhu Panas Tinggi, Masyarakat Diimbau Waspada Kebakaran

GOWA, UJUNGJARI.COM — Musim kemarau terus melanda Kabupaten Gowa. Meski waktu untuk musim hujan sudah harus masuk, namun kondisi kekeringan masih saja melanda daerah Gowa dan sekitarnya. Sementara sejumlah kabupaten di provinsi lainnya sudah hujan.

Sesuai pemantauan Senin (23/9) hingga siang jelang sore suhu udara panas masih sekira 32°C (derajat Celcius). Meski demikian hawa cuaca terasa pada angka 39°C.

Fenomena panas cenderung kering ini sangat berbahaya karena bisa memicu kebakaran. Bukan hanya rumah pada area pemukiman, tapi lahan hutan dan lahan ladang pun jadi sangat rawan terbakar.

Menyikapi itu Kadis Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Gowa Rostam Razak yang dikonfirmasi, Senin (23/9) siang mengimbau agar masyarakat selalu waspada bahaya kebakaran.

Selama cuaca panas, kata Rostam banyak kejadian kebakaran namun bukan area pemukiman tapi lahan.

“Kebanyakan lahan ji yang terbakar dan itu di sekitar wilayah Somba Opu, Pallangga, Pattallassang dan Bontomarannu, ” kata Rostam.

Meski hanya lahan namun Rostam mengingatkan kebakaran lahan bisa memicu kebakaran rumah. Karena itu tambah Rostam, masyarakat harus selalu waspada.

“Jangan buang puntung rokok sembarang, jangan membakar sampah dalam tumpukan besar dan jangan bakar sampah di siang hari maupun malam hari jika tidak fokus menjaga di lokasi pembakaran. Atau jangan membakar sampah untuk membuka lahan tani baru apalagi jika ada angin, “‘ kata Rostam. –

Baca Juga :   Bupati Barru Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

dibaca : 67



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top