ikut bergabung

Festival Musik Pompang di Tana Toraja Berakhir, Ini Daftar Pemenangnya


Hiburan

Festival Musik Pompang di Tana Toraja Berakhir, Ini Daftar Pemenangnya

MAKALE, UJUNGJARI.COM–Event Torajan Singers Competition dan Festival Musik Pompang 2024 digelar 28-31 Agustus lalu di pelataran Pasar seni Makale. Lomba dibagi tiga kategori yakni penyanyi remaja, dewasa dan musik bambu.

Event yang diprakarsai DPC Persatuan Artis Penyanyi, Pemusik dan Pencipta Lagu Republik Indonesia (PAPPRI) Tana Toraja ini terselenggara atas kerja sama Dinas Pendidikan Tana Toraja, KBPP Polri, Pemuda Pancasila, dan Millenial GenZ.

Kompetisi yang memperebutkan hadiah total Rp20 juta ini juga menjadi bagian dari memeriahkan HUT ke-79 dan HUT ke-67 Tana Toraja Ke-67. Sedangkan musik bambu pompang diikuti 10 peserta dengan total hadiah 18 juta. 

Dalam kebudayaan orang Toraja musik pompang adalah musik yang dihasilkan dari bambu. Sering juga disebut dengan Pa’pompang atau Pa’bas. Musik ini digunakan dengan cara ditiup hingga mengeluarkan bunyi. Sehingga bunyi yang terdengar layaknya seperti suara bas.

Wakil ketua DPC PAPPRI Tana Toraja, Yulius mengatakan event Torajan Singers Competition salah satu program kerja PAPPRI Tana Toraja dalam mengembangkan minat bakat generasi muda  di dunia tarik suara.

“Banyak generasi penerus binaan DPC PAPPRI sehingga ajang pencarian bakat penyanyi bertalenta muda terus diasah melalui festival seperti ini diprigramkan PAPPRI setiap tahun digelar, ujar Yulius.

Ditambahkan Agustinus Mulu dari dewan juri festival musik pompang wujud  melestarikan musik tradisional  hampir punah di daerah ini.

Baca Juga :   Meriah Lomba Meriam Bambu Berhadiah Motor di Toraja

Menurut Agustinus Mulu, PAPPRI Tana Toraja berkomitmen melestarikan musik pompang seperti workshop  dilaksanakan bulan Februari lalu dan nara sumber pembina musik pompang Tana Toraja. 

Berikut juara Lomba Torajan Singers Competition dan Festival Musik Pompang:

Kategori Anak

Juara I Friskila KT
Juara II Tiffany Putri
Juara III Dwiven Chalista
Harapan I:  Levina Baan T
Harapan II Kesya Imanuel
Harapan III Jelita Sobon.

Kategori Remaja:
Juara I: Gwenola
Juara II: Holy Chelsea
Juara III: Vesiansi Nona
Harapan I:  Vista Aurellya
Harapan II: Kartika Andin
Harapan III: Nober Nallo.

Festival Musik Pompang:

Juara I:  Betesda Makale
Juara II:  UPT SMPN 1 Sangalla’
Juara III: UPT SDN 06 Mengkendek
Harapan I: Jemaat Alfa Omega To’barana’
Harapan II:  UPT SDN Makale Selatan
Harapan III:  UPT SDN 2 Sangalla Selatan. (agus).

dibaca : 695



Komentar Anda

Berita lainnya Hiburan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top