ikut bergabung

Mudahkan Anak-Anak, Dinas Dukcapil Lutim Kolaborasi Mitra Usaha untuk Pemanfaatan KIA


Sulsel

Mudahkan Anak-Anak, Dinas Dukcapil Lutim Kolaborasi Mitra Usaha untuk Pemanfaatan KIA

MALILI,UJUNGJARI.COM–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Luwu Timur terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui berbagai inisiatif yang inovatif.

Salah satu langkah terbaru yang diambil ialah berkolaborasi dengan tiga mitra usaha yakni dengan Toko King Stationery, Praktik Mandiri Bidan Hasnik Rumbang di Kecamatan Towuti dan PT Bukit Kasih Citra Persada, untuk Kolam Renang Bukit Kasih di Kecamatan Towuti dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA).

KIA merupakan program yang diluncurkan oleh Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) sesuai denga Permendagri 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA).

Fungsi KIA sama dengan KTP yang diperuntukkan untuk anak berusia 0-5 tahun, dan 5-17 tahun kurang satu hari. Perbedaannya, KIA untuk bayi dan balita tidak menampilkan foto, sedangkan KIA untuk 5-17 tahun kurang satu hari menampilkan foto.

Tujuan adanya KIA adalah untuk melindungi hak konstitusional anak sebagai warga negara Indonesia. Meskipun secara fungsional sama dengan KTP-el, tetapi KIA tidak memiliki chip seperti KTP-el.

Beberapa manfaat KIA diantaranya, melindungi pemenuhan hak anak, menjamian akses sarana umum, menjadi bukti identifikasi diri ketika anak mengalami peistiwa buruk, mencegah terjadinya perdagangan anak, dan memudahkan anak mendapatkan akses pada pelayanan publik seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, perbankan, transportasi, dan imigrasi.

Kepala Bidang Pengelolaan Adminduk dan Pemanfaatan Data Dinas Dukcapil Lutim, Sukmawaty Syam saat dikonfirmasi, Jumat (30/08/2024) menjelaskan, kolaborasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat, khususnya anak-anak, dalam memanfaatkan berbagai fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh ketiga mitra tersebut.

Baca Juga :   Bupati MYL Harap Mappalili Jadi Wadah Informasi Gapoktan

Ia mengungkapkan, melalui kolaborasi ini, pemegang KIA dapat menikmati diskon dan layanan khusus di ketiga Mitra ini.

“Jadi masyarakat bisa mendapatkan potongan 10% setiap bertransaksi di 3 mitra Dinas Dukcapil Lutim ini jika memiliki KIA. Contohnya di Praktik mandiri bidan hasnik rumbang, mendapat diskon 10% setiap layanan pijat bayi atau baby SPA bagi bayi yang memiliki KIA, atau di Toko king stationery diskon 10% setiap pembelian alat tulis kantor,” tuturnya.

Sukmawaty menambahkan, kolaborasi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki KIA.

dibaca : 236

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top