ikut bergabung

Bangun Potensi Desa, Tim PPK Ormawa Profesi UNM Buat Pelatihan Pengolahan Gula Aren Cair


Berita

Bangun Potensi Desa, Tim PPK Ormawa Profesi UNM Buat Pelatihan Pengolahan Gula Aren Cair

MAROS,UJUNGJARI.COM–Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) membuat Pelatihan Pengolahan Gula Aren Cair. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Balanglohe, Desa Barugae, Kabupaten Maros, Jumat (23/8/2024).

Potensi Desa Barugae di sektor pertanian salah satunya adalah gula aren. Gula aren atau gula kawung adalah pemanis yang dibuat dari nira yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau.

Munawar selaku pemateri dalam kegiatan tersebut sekaligus sosial entrepreneurship menjelaskan berbagai tentang tantangan dalam memproduksi.

“Rasa takut akan gagal, kurangnya motivasi, kurangnya waktu dan sumber daya,” ujarnya.

Adapun untuk penerapan landasan keberhasilan dalam kehidupan sehari-hari dalam memproduksi sesuatu yang diinginkan, Munawar menyebutkan lima hal yang penting diperhatikan.

“Tetapkan tujuan yang jelas, manajemen waktu yang efektif, disiplin diri dan pikiran pertumbuhan,” sebutnya.

Salah seorang peserta, Putri berharap agar ibu-ibu di desa dapat menerapkan pembuatan gula aren cair dengan metode sederhana dengan skala rumahan.

“Setelah adanya pelatihan pembuatan gula aren cair ini diharapkan agar bisa menjadi peluang bisnis bagi ibu-ibu dalam membantu perekonomian keluarga,” ujar Putri. (bs)

Baca Juga :   Di Depan Bupati Wajo dan Walikota Makassar, Rektor UNM: Entrepreneur Siap Bantu Pengembangan Daerah

dibaca : 108



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top