ikut bergabung

Guru Besar Unhas Apresiasi Prof Zudan Tingkatkan Pengguna TTE di Sulsel


Foto/Ist: Prof Dr Judhariksawan

Berita

Guru Besar Unhas Apresiasi Prof Zudan Tingkatkan Pengguna TTE di Sulsel

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh berkomitmen besar dalam mewujudkan sistem pemerintahan digital yang tentu lebih efektif dan lebih efisien.

Terbukti dari data kuantitatif, jumlah pengguna Tanda Tangan Elektronik (TTE) ASN dalam lingkup Pemprov Sulsel yang sebelumnya hanya 332 akun user (2023), naik drastis menjadi 1.065 user tahun 2024 tepatnya bulan Juni-Agustus 2024.

Hal itu karena sejalan dengan komitmen Prof Zudan mengakselerasi sistem birokrasi digital. Persuratan rutin, nota dinas, surat tugas dan jenis surat lainnya sudah menggunakan surat elektronik lengkap dengan TTE pejabat yang bersangkutan.

Perkembangan ini ditanggapi positif oleh Pengamat Informatika dan Perkembangan Teknologi Unhas Prof Dr Judhariksawan. Dia mengatakan keinginan dan komitmen Prof Zudan Arif Fakrulloh untuk mengakselerasi siatem pemerintahan berbasis elektronik sabgat baik.

“Perkembangan (akun) TTE saya kira itu perkembangan yang cukup baik, terutama dalam rangka mendukung kinerja pemerintahan yang lebih efektif dan efisien,” ujar Prof Judhariksawan, Rabu 28 Agustus 2025 di Makassar.

Menurutnya, langkah Prof Zudan Arif Fakrulloh sudah sangat tepat dalam mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Sulsel.

“Sudah tepat beliau dalam mengakselerasi digitalisasi di Pemprov Sulsel,” tambahnya.

Lebih lanjut, guru besar Unhas yang juga founder dan wakil ketua Dewan Pengawas Asosiasi Dosen Hukum Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (ADHTIK) ini mengatakan, Satu hal bahwa pemerintahan berbasis digital (e-government) harus disertai peningkatan kapasitas aparaturnya dalam penguasaan teknologi.

Baca Juga :   Ketua Himpaudi Tana Toraja Empati Anak PAUD Tertimpa Musibah Kebakaran

“Selain itu, hal terpenting adalah soal keamanan siber dan perlindungan data pribadi harus terus ditingkatkan,” tambahnya. (**)

dibaca : 153



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top