ikut bergabung

Dua Jenderal Menulis Sejarah di Bibir Ciliwung


Citizen

Dua Jenderal Menulis Sejarah di Bibir Ciliwung

“Rangkaian kegiatan diakhiri ngopi bareng, yakni simbol kebersamaan antara TNI dengan rakyat,” kata Hasan sambil tertawa.

Rafael menambahkan, bahwa warisan sejarah yang baik harus dilanjutkan. Termasuk warisan “kita jaga alam, alam jaga kita”. “Menjaga alam itu seperti dzikir yang harus dilakukan berulang-ulang, berkali-kali, untuk jangka waktu terus-menerus sepanjang hayat masih dikandung badan,” tegas Rafael yang diiyakan Hasan.

Sekilas RIMBA

Dalam rangka “dzikir lingkungan” itulah, Hasan mendirikan RIMBA (Relawan Indonesia Pembela Alam). “Pembentukan RIMBA adalah jawaban atas kegelisahan para relawan. Saya dirikan hampir bersamaan dengan Program Citarum Harum yang digagas Pak Doni Monardo semasa menjabat Pangdam III/Siliwangi,” ujarnya.

Ketika itu, 2018, Hasan berpangkat Kolonel dan menjabat Danrem 061/Suryakencana. Ia mendirikan RIMBA berbarengan dengan proses revitalisasi Talaga Saat Titik Nol KM Ciliwung, sebuah program penanggulangan kerusakan lingkungan.

RIMBA berada di Jawa Barat (Bogor, Cianjur, Sukabumi, Depok dan Jakarta). Kehadiran RIMBA di tengah-tengan masyarakat didasari adanya kegelisahan-kegelisahan para relawan dari berbagai latar belakang. RIMBA juga termotivasi oleh semangat bersama untuk pengabdian kepada alam dan kemanusiaan.

Hasan mengisahkan, gagasan membuat RIMBA berawal dari pertemuan para sukarelawan di momentum kegiatan-kegiatan lingkungan hidup. Dari pertemuan-pertemuan itulah tercetus perlu wadah bersama agar terjalin komunikasi dengan baik untuk misi kemanusiaan dan upaya-upaya penyelamatan alam di berbagai tempat.

Baca Juga :   Doni Monardo Ajak Lulusan SMA Taruna Nusantara Berkiprah di Bidang Entrepreneur

RIMBA saat ini menjadi komunitas atau organisasi kaderisasi kepemudaan yang mengusung pengabdian kepada bangsa dan negara dalam upaya misi kemanusiaan dan Lingkungan hidup di Indonesia. Oleh teman-teman kemudian Hasan dinobatkan jadi Bapak Pendiri RIMBA.

Program RIMBA selalu berhubungan dengan misi kemanusiaan dan lingkungan hidup. Di antaranya upaya penyelamatan kawasan Gunung Hutan, Hulu Sungai dan Daerah Aliran Sungai, Kampanye Lingkungan, Penguatan Kapasitas Warga, Pendidikan Lingkungan, Kampanye Lingkungan, Reboisasi Lahan Kritis, Mitigasi Bencana, dan Penanggulangan Saat Bencana.

Juragan Corner

Sambil menyeruput kopi, Hasan menunjuk satu kamar di lantai atas, di dalam bangunan cafe yang adem. Itulah “Kamar Hasan” yang diberi nama Juragan Corner. Sebuah ruang berukuran sekitar 3 x 4 meter. Di dindingnya terpajang beberapa foto kenangan. Salah satu tampak foto Hasan dan Rafael dalam waktu dan tempat yang sama, dalam jabatan yang berbeda.

dibaca : 2.354

Laman: 1 2 3 4 5



Komentar Anda

Berita lainnya Citizen

Populer Minggu ini

Arsip

To Top