ikut bergabung

Tes Kesehatan Cabup-Cawabup Gowa Dipusatkan di RS Wahidin, Bawaslu Pastikan Peralatan Medis Tersedia


KESEHATAN. Bawaslu ikut hadir memantau kesiapan peralatan medis di RS Wahidin Sudirohusodo bersama KPU Gowa pada Minggu (25/8) kemarin. (foto/ist)

Politik

Tes Kesehatan Cabup-Cawabup Gowa Dipusatkan di RS Wahidin, Bawaslu Pastikan Peralatan Medis Tersedia

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tahapan pendaftaran pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gowa mulai dibuka KPU Gowa pada Selasa 27 hingga 29 Agustus 2024. Sekaitan memasuki tahapan pendaftaran ini, KPU juga telah mulai mempersiapkan pelaksanaan tes kesehatan kepada para Paslon.

Khusus pelaksanaan tes kesehatan Paslon ini akan dipusatkan di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Tes kesehatan ini dipusatkan di RS Wahidin Makassar menurut Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Gowa Nursalam Samad saat dikonfirmasi ujungjari.com via pesan WhatsApp, Senin (26/8) siang, karena RSUD di Gowa belum memenuhi standar untuk melaksanakan 13 syarat tes kesehatan yang diperlukan.

Dikatakan Nursalam, adapun syarat-syarat tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan jiwa, narkotika, penyakit dalam, bedah, neurologi, ginekologi, transvaginal bagi calon perempuan, mata, THT, jantung, paru, radiologi thorax serta pengambilan sampel laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya.

“Jadi ada 13 item pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani para Paslon. Dan 13 item rupanya tidak lengkap jika dilakukan di RSUD di Gowa, makanya dipilih RS Wahidin Sudirohusodo, ” kata Nursalam.

Untuk jadwal tes kesehatan kata Nursalam, tahapannya dilakukan berdasarkan PKPU No 8 tahun 2024, mulai 27 Agustus sampai 2 September 2024. Sementara untuk pelaksanaan tes kesehatan ini baru bisa dilakukan para Paslon setelah resmi mendaftar.

“Waktu pemeriksaan kesehatan bagi paslon dapat baru bisa dilakukan setelah Paslon resmi telab melakukan pendaftaran di KPU Gowa, ” kata Nursalam.

Baca Juga :   Peran Civil Society Bantu Cegah Pelanggaran Pilkada, Syaiful: Jaga Kepercayaan Publik

Sementara itu terkait persiapan pelaksanaan tes kesehatan ini, Bawaslu Gowa melakukan pengawasan dan memastikan penyelenggara menyiapkan sarana prasarana dengan baik.

“Demi kelancaran dan integritas pelaksanaan tes kesehatan bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa pada Pilkada 2024 inu, kami (Bawaslu) melakukan pengawasan langsung ke RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar pada hari Minggu (25/8) kemarin. Kami melakukan pengawasan melekat terhadap pelaksanaan koordinasi yang dilakukan KPU untuk memastikan bahwa KPU menjalankan tugasnya sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Langkah ini kami lakukan untuk menjamin bahwa setiap tahapan pelaksanaan tes kesehatan dilakukan dengan transparansi dan akurasi, ” kata Suhardi Kamaruddin selaku Penanggung Jawab Tim Fasilitasi Pencalonan sekaligus Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Gowa.

dibaca : 383

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top