ikut bergabung

Andi Sudirman Sulaiman Sosok Pemimpin Tanggap Bencana


Berita

Andi Sudirman Sulaiman Sosok Pemimpin Tanggap Bencana

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM — Pilgub Sulsel 2024 sudah di depan mata. Siapa pun yang menjadi pemimpin, nantinya tentu akan menghadapi berbagai permasalahan yang harus diselesaikan.

Salah satu permasalahan yang niscaya akan dihadapi Sulsel adalah bencana alam. Sebab, wilayah ini termasuk langganan bencana seperti banjir dan longsor yang terjadi hampir setiap tahunnya.

Untuk itu, Sulsel membutuhkan sosok pemimpin berjiwa sosial dan tanggap terhadap bencana berdasarkan pengalaman serta prestasi yang telah ditorehkan. Sosok berdasarkan kriteria tersebut salah satunya adalah Andi Sudirman Sulaiman.

Terbukti, Andi Sudirman pernah meraih piagam penghargaan dari Menteri Sosial RI atas peran dan kontribusi dalam penanganan korban bencana di Sulsel tahun 2022.

Sistem penaggulangan bencana yang dijalankan Pemprov Sulsel di era Andi Sudirman Sulaiman memang dinilai yang paling tanggap. Terlebih karena ia selalu turun tangan langsung dalam melakukan penanganan.

Seperti kejadian tahun 2021 lalu, saat gempa magnitudo 7,4 yang menggucang Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 14 Desember 2021, berdampak pada beberapa pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulsel.

Kala itu, Andi Sudirman bergerak cepat ke lokasi melihat kondisi masyarakat. Bahkan bantuan logistik dikerahkan secara langsung bersama jajaran Forkopimda.

Bahkan sepekan sejak kejadian, Andi Sudirman yang kala itu menjabat sebagai Plt Gubernur langsung memberikan bantuan keuangan dalam masa tanggap darurat bencana kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar senilai Rp8 Miliar.

Baca Juga :   Tanam Cabai di Halaman Kantor Lurah Peneki, Penjabat Gubernur Bahtiar Minta ASN Jadi Contoh

Kemudian di tahun 2023 lalu, musibah banjir bandang melanda Kabupaten Luwu sekitar bulan Mei 2023 lalu. Gubernur Andi Sudirman mengerahkan seluruh jajaran untuk pemenuhan bantuan logistik kepada korban terdampak.

Termasuk berkunjung dan menyampaikan duka cita dan santunan kepada korban meninggal atas musibah tersebut.

Saat itu juga, tepatnya pada 23 Mei 2023, Gubernur Andi Sudirman memberikan bantuan keuangan dalam masa tanggap darurat bencana kepada Pemkab Luwu sebesar Rp2 miliar.

Akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unhas, Adi Suryadi Culla mengakui bahwa Andi Sudirman mimiliki jiwa sosial yang sangat besar. Hal itulah juga yang membuatnya punya modal politik kuat sebagai kandidat di Pilgub Sulsel 2024.

“Keberhasilan kepemimpinan sebelumnya membuatnya (Andi Sudirman) menjadi kandidat yang sangat diunggulkan dalam Pilgub 2024,” ujarnya.

dibaca : 329

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top