ikut bergabung

Pemkot akan Beli Armada Sampah Roda Tiga Berbahan Bakar Listrik


Makassar

Pemkot akan Beli Armada Sampah Roda Tiga Berbahan Bakar Listrik

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kota Makassar kekurangan armada pengangkut sampah, khususnya jenis roda tiga yang beroperasi di lorong-lorong.

Berbeda dengan armada sampah roda tiga yang ada saat ini, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berencana membeli roda tiga yang berbahan bakar listrik.

Sengaja dipilih armada menggunakan listrik untuk meminimalisir kebocoran anggaran dari pembelian bahan bakar minyak (BBM).

“Selama ini ditemukan pembelian BBM armada sampah sangat boros. Karena itu, diganti dengan yang berbahan bakar listrik. Tidak mungkinmi bisa disalahgunakan anggaran bahan bakar kalau sudah menggunakan listrik,” kata Danny.
Dia mengaku jika Pemkot sangat butuh pengadaan armada sampah yang baru.

“Sudah kami usulkan di APBP Perubahan 2024 ini,” kata Danny.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda mengatakan untuk pengadaan armada sampah listrik, pihaknya mengusulkan penganggaran sekitar Rp124 miliaran.
Mantan Kepala Dinas PM PTSP itu mengatakan usulannya sudah masuk dalam draft Rancangan APBD-P.

“Kami berharap disetujui oleh DPRD karena kebutuhan ini cukup mendesak,” kata lelaki yang akrab disapa Zul.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, untuk Kecamatan Mamajang, tercatat ada 64 motor tiga roda armada pengangkut sampah yang dioperasikan. Beberapa diantaranya, ada yang digunakan sejak 2017 lalu. Bahkan ada yang sejak 2014.

Begitu juga di Kecamatan Biringkanaya. Kondisi armada sampah di sana ada yang sudah uzur. Dengan jumlah penduduk yang cukup besar otomatis volume sampah yang dihasilkan cukup besar. Sementara jumlah armada terbatas. Untuk truk sampah tangkasaki jumlahnya 25 unit, tongkang 13, dan tiga roda 85 unit.

Baca Juga :   Danny-Fatma Tepat Waktu dan Kompak Berbagi di Sesi Pertama

Kondisi dua kecamatan tersebut tidak jauh berbeda dengan Kecamatan lainnya yang ada di Kota Makassar. (rhm)

dibaca : 38



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top