ikut bergabung

Yayasan Patria Artha Wakafkan Lahan 1000 Meter Persegi untuk Dimanfaatkan Yayasan Al Azhar Makassar


Makassar

Yayasan Patria Artha Wakafkan Lahan 1000 Meter Persegi untuk Dimanfaatkan Yayasan Al Azhar Makassar

MAKASSAR, UJUNGJARI— Yayasan Al Azhar Makassar secara resmi menerima wakaf lahan dari Yayasan Patria Artha.

Lahan itu berlokasi di Jalan Tamangapa Raya 3 Nomor 16, Makassar.
Sebenarnya, lahan seluas 1000 meter persegi telah diwakafkan sejak tahun 2005.
Namun penyerahan secara resmi dilakukan Minggu (19/8) ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan Pembina Yayasan Patria Artha, Bastian Lubis, disaksikan Ketua Yayasan Patria Artha Ita Hartati, Ak, MBA, pemerintah setempat dan unsur pimpinan Yayasan Al Azhar Makassar.
Bastian Lubis usai penandatanganan prasasti mengatakan, lahan itu awalnya diwakafkan pada tahun 2005, saat Ilham Arief Sirajuddin menjabat sebagai Walikota Makassar.
Meski telah digunakan sejak saat itu, peresmian baru dilakukan di 2024 untuk menandai perkembangan pesat yayasan.
“Kita perlu membangun SDM yang kuat. Saya berharap yayasan ini tidak hanya fokus pada aspek komersial, tapi juga memberdayakan anak-anak dari keluarga kurang mampu,” tegasnya.
Pada kesempatan itu, Bastian Lubis juga mengajak para pengelola Yayasan Al Azhar Makassar mempertimbangkan ekspansi ke Kalimantan Utara, dekat dengan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dibangun.
“Kesempatan di sana sangat terbuka lebar. Dalam 2-3 tahun ke depan, daerah itu akan semakin ramai,” tambahnya.
Sementara itu, Sekretaris Yayasan Al Azhar Makassar, Samsul Arifai mengatakan, meski baru diresmikan tahun ini, namun lahan wakaf tersebut sudah bersertifikat sejak 19 tahun lalu.
Yayasan Al Azhar Makassar sendiri telah mengalami pergantian kepemimpinan sebanyak tiga kali sejak berdiri.
“Ini adalah amanah yang akan kami emban dengan tulus dan ikhlas,” kata Samsul.
Dengan peresmian ini, Samsul berharap, Yayasan Al Azhar Makassar dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, khususnya dalam bidang pendidikan Islam di Kota Makassar dan sekitarnya.
Sejauh ini, berbagai kemudahan telah dilakukan dalam memberikan akses pendidikan kepada masyarakat, terutama kelompok kurang mampu.
“Yayasan Al Azhar Makassar juga menerapkan program beasiswa, di mana siswa yang mampu menghafal 5 juz Alquran dapat bersekolah gratis hingga tingkat STAI,” tambah Samsul
Selain itu, yayasan juga memberikan subsidi silang untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu.
Dengan perkembangan yang pesat, Yayasan Al Azhar Makassar kini menaungi sekitar 80 tenaga pendidik dan kependidikan. Hal ini menjadikan lembaga ini sebagai salah satu pusat pendidikan Islam yang diperhitungkan di Makassar.
Lahan ini kini digunakan oleh tiga unit pendidikan di bawah naungan Yayasan Al Azhar Makassar, yaitu Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an (MITQ), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI). MITQ sendiri saat ini memiliki 366 siswa dengan 17 kelas. (rhm)

Baca Juga :   Tahun Ini Waduk Jenelata Dibangun, Pusat Anggarkan Rp2 Triliun

dibaca : 952



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top