ikut bergabung

Survei IPI Unggulkan Andi Asman-Akmal Pasluddin di Pilkada Bone


Politik

Survei IPI Unggulkan Andi Asman-Akmal Pasluddin di Pilkada Bone

BONE,UJUNGJARI.COM — Elektabilitas pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bone, Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal Pasluddin unggul jauh dibanding kandidat lain jelang pilkada Bone.

Dalam survei terbarunya Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis pasangan Andi Asman Sulaiman-Andi Akmal memperoleh elektabilitas tinggi dibanding kandidat lain.

Pasangan ini memiliki elektabilitas 54,9 persen. Jauh lebih unggul dibanding pasangan Andi Islamuddin-Andi Rio Padjalangi dengan angka 22,6 persen.

“Survei yang dilakukan pada 7-13 Agustus 2024 ini mencoba melakukan pemetaan popularitas, akseptabilitas serta elektabilitas figur yang dinilai memiliki potensi untuk ikut berkompetisi dalam kontestasi Pilbup Bone,” kata Direktur IPI, Suadi Idris.

Di samping itu survei ini juga ingin memotret kecenderungan perilaku pemilih dalam perspektif gender, usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, penghasilan, preferensi agama, afiliasi ormas dan preferensi suku dan lain-lain.

Hasilnya, elektabilitas Andi Asman Sulaiman unggul jauh dengan angka 39 persen. Di tempat kedua Yasir Machmud dengan 26,9 persen. Disusul Andi Rio Padjalangi 13,4 persen, Andi Islamuddin 10,3 persen dan responden yang tidak menjawab/tidak tahu ada 10,5 persen.

Nama Andi Asman Sulaiman juga menjadi Top of Mind dengan angka 18,2 persen. Yasir Machmud 10,9 persen, sedang Andi Rio Padjalangi 3 persen. Kemudian Andi Islamuddin 2,3 persen dan Andi Akmal Pasluddin 0,9 persen. Sedang responden yang menyatakan belum tahu sebanyak 64,7 persen

Baca Juga :   Fokus Caleg, Akmal Pasluddin Belum Pikirkan Pilkada Bone

Dalam survei terkait popularitas, Andi Asman Sulaiman kembali unggul atas kandidat lain. Popularitas Andi Asman bertengger di angka 84,3 persen. Sedang Yasir Machmud 74,9 persen, Andi Rio 67,4 persen, Andi Akmal 62,2 persen, Andi Islamuddin 49,2 persen, Andi Irwandi Natsir 34,2 persen, Andi Mangunsidi 17,1 persen, Andi Syamsiar Halid 21,4 persen, Andi Promal Pawi 18,2 persen, Khairul Amran 13,2 persen, Andi Wahyudi Taqwa 10,5 persen dan Samahuddin 6,2 persen.

Pada tingkat kesukaan (akseptabiltas), Andi Asman Sulaiman kembali unggul dengan 76,8 persen, Andi Yasir Machmud 66,7 persen, Andi Rio Padjalangi 58,8 persen, Andi Akmal 54,4 persen dan Andi Islamuddin 42,8 persen.

Suaidi menambahkan pengumpulan data survei ini merupakan populasi seluruh warga negara Indonesia di kabupaten Bone, Sulsel yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan serta bukan anggota TNI-Polri.

dibaca : 1.054

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top