ikut bergabung

Survei Pilbup Lutim: Petahana Budiman-Akbar Kalah Telak, Ibas-Puspa Menang di Segmen Berpendidikan SMA ke Bawah


Politik

Survei Pilbup Lutim: Petahana Budiman-Akbar Kalah Telak, Ibas-Puspa Menang di Segmen Berpendidikan SMA ke Bawah

LUWUTIMUR, UJUNGJARI.COM — Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) 2024 hampir pasti diikuti tiga pasangan calon (Paslon).

Tiga paslon tersebut adalah petahana Budiman – Andi Akbar Leluasa, Irwan Bachri Syam – Puspawati Husler, dan Isrullah – Usman Sadik.

Berdasarkan survei terbaru, pasangan Ibas – Puspa menempati urutan teratas, mengalahkan petahana Budiman – Akbar, lalu di posisi terbuncit ada paslon Isrullah – Usman.

Dalam temuan survei Persepsi Syndicate, yang dilakukan periode 1-7 Agustus 2024, menunjukkan angka signifikan untuk kemenangan Ibas-Puspa.

Pada simulasi kertas suara 3 paslon, yang disampaikan kepada publik untuk mencoblos, pasangan Irwan Bachri Syam – Puspawati Husler memperoleh angka elektabilitas tertinggi dibandingkan dengan pasangan calon lainnya, dengan persentase 45,4%, sedangkan dari sisi kemantapan pilihan terbilang cukup tinggi dengan angka 42,8%.

Sementara elektabilitas petahana Budiman-Andi Akbar Leluasa di angka 33,2%, dengan kemantapan pilihan 27,4%.

“Kemudian elektabilitas pasangan Isrullah-Usman Sadik berada di posisi paling buncit, yakni 8,7% dengan kemantapan pilihan 5,6%,” jelas Direktur Utama Persepsi Syndicate, Mudatsir Rasid, dalam rilisnya, Kamis 15 Agustus 2024.

Sedangkan, lanjut dia, responden yang tidak menjawab sebesar 2,5%, dan yang belum punya pilihan atau swing voters masih di angka 10,2%. Sedangkan yang masih ragu akan pilihannya masih ada 21,7%.

Mudatsir menjelaskan, tingginya elektabilitas Ibas-Puspa banyak dipengaruhi oleh penyatuan elektoral mantan bupati Lutim, alm Thorig Husler dan Ibas, setelah memutuskan menggandeng istri alm Husler, Puspawati sebagai calon wakilnya.

Baca Juga :   Budiman dan Akbar Laluasa Tidak Ikut Fit and Proper Test di Hanura

“Dari sisi kemantapan pilihan Ibas-Puspa terbilang cukup tinggi dengan angka 42,8%. Itu artinya, loyalitas pemilihnya sulit beralih pilihan ke calon lain,” tegas Mudatsir.

Dalam periode pemerintahan Budiman, yang menggantikan alm Thorig Husler, diterpa banyak isu yang mengecewakan pihak Husler.

“Temuan survei menunjukkan 60,2% pemilih Husler di Pilkada lalu, beralih ke paslon Ibas-Puspa,” terang dia.

Kemudian dari sisi indikator yang memengaruhi pilihan, responden masih senang dengan kesan pemimpin yang merakyat, dengan persentase di angka 60,7%.

“Selama ini Ibas dikenal selalu turun menyapa masyarakat. Ini berbeda dengan petahana Budiman, yang dikenal jarang menyapa langsung masyarakat kalangan bawah,” terangnya.

Ibas-Puspa Banyak Digandrungi Kaum Perempuan

dibaca : 1.074

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top