ikut bergabung

dokter Ulfah Narasumber Program Prolanis


Kesehatan

dokter Ulfah Narasumber Program Prolanis

BARRU, UJUNGJARI–Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi MARS jadi Narasumber Edukasi Peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Gelora Senja di Pantai Pijar Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Kamis (08/08/2024)

Kegiatan yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Pekkae ini digelar di Aula Pertemuan Pantai Pijar dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab.Barru, Camat Tanete Rilau, Sekretaris Desa Tellumpanua, para peserta Prolanis dan undangan lainnya.

Sebelum memberikan paparan, dokter Ulfah menyampaikan, kehadirannya sebagai narasumber pada kegiatan ini untuk saling mengingatkan dan sharing akan penyakit kronis Diabetes Melius / DM (Kencing Manis/Penyakit Gula) dan Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Dikatakan, umur 60 tahun merupakan umur yang sangat potensial dan rawan akan penyakit DM dan Hipertensi, namun dengan menerapkan pola hidup sehat penyakit ini dapat kita hindari.

Lebih lanjut, secara umum faktor faktor yang mempengaruhi penyakit ini diantaranya Faktor keturunan, diet tidak seimbang, kegemukan, kurang bergerak kurang olahraga, merokok, minum alkohol, dan sebagainya yang akan kami jelaskan pada paparan kami.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini akan dapat memberikan pemahaman lebih terkait penyakit kronis ini termasuk pencegahan dan penanganan yang dilakukan.

Selain itu dokter Ulfah memberikan apresiasi kepada UPT Puskesmas Pekkae yang rutin melaksanakan senam kepada prolanis sebagai salah satu aktifitas yang dapat menurunkan tekanan darah pada penderita DM dan Hipertensi.

Baca Juga :   Aksi Enam Penanganan Stunting Bahas Manajemen Data

” Kegiatan seperti ini diharapkan tidak hanya dilakukan oleh UPT Puskesmas Pekkae tetapi juga oleh seluruh UPT Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Barru,” pungkasnya.( Udi)

dibaca : 1.454



Komentar Anda

Berita lainnya Kesehatan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top