ikut bergabung

Petani Gresik Terkendala Air Irigasi, Dirjen PSP Kementerian Pertanian Langsung Turun Tangan


Berita

Petani Gresik Terkendala Air Irigasi, Dirjen PSP Kementerian Pertanian Langsung Turun Tangan

GRESIK.UJUNGJARI.COM–Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Andi Nur Alam didampingi Direktur Pupuk dan Pestisida Jekvy Hendra melakukan kunjungan kerja mendadak ke Desa Padang Bandung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan solusi cepat untuk menyediakan air irigasi untuk petani.

“Hari ini kami hadir disini untuk merespon cepat kebutuhan petani, sehingga petani yang terkendala air irigasi untuk tanam dapat segera teratasi,” kata Andi Nur Alam dalam kunjungan tersebut, Kamis (15/8/2024).

Andi menegaskan salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah pemasangan pompa air yang dapat mengairi lahan seluas 1.000 hektar yang mencakup tiga kecamatan.

Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah kebutuhan energi untuk mengoperasikan pompa tersebut. Selama ini, pompa air menggunakan bahan bakar solar yang kerap mengalami kendala pasokan dan biaya yang tinggi.

“Untuk mengatasi masalah ini, kami mengusulkan penggunaan listrik sebagai alternatif energi untuk mengoperasikan pompa air. Dengan menggunakan listrik, diharapkan pompa dapat beroperasi secara lebih efisien dan berkelanjutan,” tegasnya.

“Bila kita berhasil memasang listrik untuk operasional pompa, para petani di wilayah ini tidak hanya bisa menanam padi satu kali setahun, tetapi hingga tiga kali dalam setahun,” pinta Andi.

Andi menyebutkan produksi gabah kering di Gresik meningkat tajam saat ini. Produksi gabah kering panen diharapkan meningkat menjadi 6,4 ton per hektar, karena itu kunjungan kerja ini merupakan respon cepat bagian dalam meningkatkan lproduksi pertanian di daerah-daerah yang memiliki potensi besar namun menghadapi kendala infrastruktur.

Baca Juga :   Mentan SYL Teken MoU dengan Dirjen FAO

“Diharapkan dengan adanya normalisasi saluran irigasi, perbaikan pintu air, dan penggunaan listrik untuk pompa air irigasi, kesejahteraan petani di Desa Padang Bandung dan sekitarnya dapat meningkat secara signifikan,” tandasnya.

dibaca : 129



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top