ikut bergabung

Indonesia-Australia Kerja Sama Pengembangan Mekanisme Kolaborasi Kendaraan Listrik


Berita

Indonesia-Australia Kerja Sama Pengembangan Mekanisme Kolaborasi Kendaraan Listrik

JAKARTA,UJUNGJARI.COM–Australia menjadi tuan rumah Pertemuan pertama Pejabat Senior di bawah Nota Kesepahaman (MoU) mekanisme kolaborasi Kendaraan Listrik (EV) di Canberra, Australia pada 9 Agustus 2024.

Septian Hario Seto, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia bertemu dengan Michelle Dowdell, Acting Deputy Secretary Resources and Strategy Group, Departemen Industri, Sains dan Sumber Daya Australia, dan Lauren Bain, First Assistant Secretary dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia untuk membahas perkembangan implementasi MoU tersebut.

Berdasarkan MoU yang ditandatangani oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Ad Interim Erick Thohir dan Menteri Industri dan Ilmu Pengetahuan Australia Ed Husic pada 2023, kedua negara telah berkomitmen untuk bekerja sama dalam memetakan rantai pasokan kendaraan listrik, meningkatkan tata kelola lingkungan dan sosial, studi ilmiah dan penelitian bersama, serta membina hubungan bisnis-ke-bisnis yang baru.

“Australia dan Indonesia merupakan mitra dalam transisi energi bersih, dan kita memiliki kepentingan bersama dalam mengembangkan rantai pasokan energi bersih yang beragam. Saya senang kita sedang memajukan kolaborasi dalam perjanjian penting ini,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM.

Nota kesepahaman ini dibangun berlandaskan kesepakatan antara Perdana Menteri Anthony Albanese dan Presiden Joko Widodo untuk memajukan kerja sama dalam ekosistem kendaraan listrik.

Baca Juga :   Ikuti Tong Tong Fair di Belanda, Indira Yusuf Ismail Kenalkan Budaya dan Kerajinan Makassar

Pemerintah Australia telah berkomitmen senilai 2 juta dolar Australia untuk menjalankan penelitian proyek kendaraan listrik bersama di bawah program KONEKSI, termasuk dalam hal dekarbonisasi transportasi dan daur ulang baterai. (rls)

dibaca : 226



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top