ikut bergabung

Teliti Pengembangan Modul Pelatihan Menulis, Shabiel Zakaria Raih Gelar Doktor di UNM Makassar


Pendidikan

Teliti Pengembangan Modul Pelatihan Menulis, Shabiel Zakaria Raih Gelar Doktor di UNM Makassar

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Kepala Seksi Pembinaan SMA dan Fasilitasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Sulsel, Shabiel Zakaria sukses menyandang gelar doktor di bidang ilmu pendidikan.

Itu setelah mantan guru SMA Negeri 1 Watampone itu sukses mempertahankan disertasinya dalam ujian promosi doktor di Aula Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Selasa (6/8).

Dalam disertasinya, Shabiel meneliti tentang Pengembangan Modul Pelatihan Menulis Esai dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik pada Jenjang SMA.

Di depan tim penguji, Shabiel membeberkan tujuan penelitian ini antara lain untuk meningkatkan kebutuhan pengembangan modul pelatihan menulis esai serta rancangan atau prototipe pengembangan modul pelatihan menulis esai.

Selain itu juga mengulas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan modul pelatihan menulis esai dalam
meningkatkan kemampuan literasi peserta didik pada jenjang SMA.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan mulai tanggal 15 – 30 Desember 2023 di UPT SMAN 1 Bone. Subjek penelitian ini adalah Guru Pembina dan Siswa Anggota KIR UPT SMAN 1 Bone.

Adapun Obyek penelitian ini meliputi kemampuan menulis esai peserta didik, tanggapan guru pembina KIR UPT SMAN 1 Bone, dan tanggapan peserta didik anggota KIR UPT SMAN 1 Bone.

Shabiel mengatakan hasil penelitian menunjukkan bahwa 95 responden membutuhkan modul pelatihan esai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan modul pelatihan menulis.

Selain itu prototipe modul pelatihan menulis esai dirancang dengan prinsip mudah digunakan, cepat diakses, dan
praktis digunakan.

Baca Juga :   Majdah Hadiahkan Buku "Sajadah Majdah" dan Masker ke Ketua L2Dikti

“Bagian utama terdiri atas pendahuluan, pelaksanaan pelatihan, dan penutup. Modul dikonversi dalam bentuk file pdf, tampilan digital online melalui flipbook, dapat diakses oleh peserta didik melalui gadget,” katanya. (pap)

dibaca : 1.981



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top