ikut bergabung

Etalase UMKM Resmi Dibuka, Wabup Edy Manaf Harap Jadi Penopang Daerah


Sulsel

Etalase UMKM Resmi Dibuka, Wabup Edy Manaf Harap Jadi Penopang Daerah

BULUKUMBA, UJUNGJARI– Festival Etalase UMKM resmi dibuka oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf, Sabtu, 3 Agustus 2024 di Sentra Kuliner Bulukumba.

Ketua Panitia Nur Alamsyah menyampaikan Festival Etalase UMKM rencananya akan berlangsung hingga 31 Agustus 2024 mendatang, dengan berbagai kegiatan akan dilaksanakan.

Seperti Pameran makanan dan Minuman UMKM, Fashion, Kosmetik, Jasa, Dekorasi, Kerajinan, dan Aksesoris multiproduk.

Selain itu ada Lomba Seni Musik Budaya, Permainan Rakyat (Olah Raga Tradisional) dan Lomba Kreatifitas individual diantaranya Lomba Lagu Makkelong kelong, Lomba Lagu Golden Memory. Lomba Lagu Perjuangan, Etalase In Voice.

Berikutnya ada Lomba Lagu Dangdut, Lomba Lagu Religius, Lomba Baca Puisi Perjuangan, Home Band Pemusik se Kabupaten Bulukumba, Lomba Busana Merah Putih, Lomba Mewarnai Gambar, dan Kuis Pasar Etalase UMKM.

Juga akan dilaksanakan pertunjukan Seni Tari dan Musik Tradisional, Lomba Speedboat, Lomba Tata Rias Pengantin, Permainan Olahraga Tradisional, Talk Show UMKM, Manajemen Barista, Manajemen Pengelolaan Usaha UMKM, Manajemen Koki, Manajemen Witers, Pelayanan (Resepsionis), Manajemen Kebersihan, Manajemen Produk Kemasan Usaha

“Festival Etalase akan ditutup dengan malam pesta Kenegaraan Rakyat Bulukumba
dan Malam Pesta Rakyat Bulukumba,” kata Nur Alamsyah.

Alam sapaan akrab Nur Alamsyah menguraikan, jika saat ini sudah ada 89 UMKM yang telah mendaftar. Panitia hingga saat ini masih membuka bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftar.

Baca Juga :   RMS Community Berbagi Paket Sembako di Empat Kecamatan di Palopo

“Ada 30 UMKM dari Desa binaan Pemerintah Desa yang sudah datang, namun belum teregistrasi di kepanitian,”ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, Andi Esfar Tenri Sukki mengapresiasi kegiatan Festival Etalase UMKM yang dilaksanakan oleh perkumpulan organisasi kepemudaaan Bulukumba itu.

Terselengarangya festival ini, kata Andi Esfar merupakan wujud kepedulian pengembangan dan pembinaan UMKM di Bulukumba.

“Bagaimana melakukan peningkatan dengan mendorong iklim yang mendukung UMKM di masa akan datang,” harap Andi Esfar.

Wakil Bupati, Andi Edy Manaf menyampaikan terima kasih atas terlaksanak kegiatan Festival UMKM dalam momentum merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Festival itu katanya mendorong berkembangnya UMKM di daerah.

“UMKM tidak hanya berbicara produk, namun seluruh sektor turut bergerak. Mulai dari pertanian, perikanan, termasuk meretas lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Untuk itu, pemerintah harus hadir dan seluruh elemen masyarakat harus berkontribusi pada peningkatan dan terciptanya UMKM, sehingga harus ada kolaborasi yang baik di dalamnya.(*)

dibaca : 218



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top