ikut bergabung

Inovasi Baru! Aplikasi “Macca Melayani” Permudah Pelayanan di Dinas Pendidikan Sinjai


Sulsel

Inovasi Baru! Aplikasi “Macca Melayani” Permudah Pelayanan di Dinas Pendidikan Sinjai

SINJAI, UJUNGJARI – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai meluncurkan aplikasi inovatif bernama “Macca Melayani”.

Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah akses masyarakat terhadap berbagai layanan pendidikan.

Macca Melayani merupakan akronim dari Mudah, Akuntabel, Cerdas, Cermat, dan Amanah. Sistem ini dibuat agar penerima layanan memperoleh pelayanan terbaik ketika memiliki urusan di Dinas Pendidikan Sinjai.

“Penerima layanan tak perlu keliling lagi ke ruangan, sisa menunggu di ruang tunggu, Insya Allah urusannya segera dikerjakan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib, Rabu, (31/7/2024).

Dia menyebut, ada beberapa fitu yang disiapkan dalam sistem tersebut sesuai jenis layanan yang disiapkan. Seperti, mutasi siswa, pengesahan ijazah, permohonan cuti, usul kenaikan pangkat, dan usul kenaikan gaji.

Fitur lainnya adalah pengajuan mutasi guru, perpanjangan izin operasional sekolah, penertiban nomor pokok sekolah nasional (NPSN), dan konsultasi.

Untuk mengakses sistem ini cukup mudah, para penerima layanan terlebih dahulu menekan fitur yang tertera di layar monitor atau mesin antrean. Lalu, penerima layanan mendapat kertas struk antrean dari mesin tersebut yang berisi barcode.

Kemudian, barcode discan lalu mengisi identitas penerima layanan. Terdiri dari nama, usia, dan status kepegawaian. Setelah dikirim melalui gadget, penerima layanan mendapat nomor antrean.

Penerima layanan pun cukup menyerahkan berkas sesuai layanan yang dibutuhkan. Staf Dinas Pendidikan lalu menyerahkan berkas tersebut ke bagian yang bertugas mengerjakan urusan tersebut.

Baca Juga :   Dihantam Ombak Besar, Kapal Wabup Terpisah Rombongan Tiga Hari

Irwan Suaib berharap, terobosan ini bisa mempermudah dalam mengakses pelayanan di kantornya. Sehingga, penerima layanan bisa mendapat pelayanan prima sesuai dengan nama MACCA melayani.

dibaca : 364



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top