ikut bergabung

Penjabat Bupati Takalar Pimpin Rakor Lahan HGU PTPN 1 PGT


Sulsel

Penjabat Bupati Takalar Pimpin Rakor Lahan HGU PTPN 1 PGT

TAKALAR, UJUNGJARI--Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Lt.3 Kantor Bupati Takalar, dilaksanakan Rakor dipimpin oleh Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg didampingi oleh Sekretaris Daerah Takalar bersama Forkopimda, Asisten 1, Sekretaris Regional PTPN Makassar, Manager Kebun PTPN PG Takalar,(PGT) Kepala BPN Takalar, Camat Polongbangkeng Utara beserta Kepala Desa.

Sekretaris Regional PTPN Makassar mengatakan, masa perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU) PTPN (Pabrik Gula Takalar) telah berakhir per- Desember 2023 dan dia menyampaikan, saat ini Pabrik Gula Takalar di bawah PTPN wilayah 1 sudah di Marger pertanggal 1 Desember 2023. Ia juga menjelaskan bahwa lahan HGU sebesar 6.550 Ha yang terbagi dalam 10 Bidang.

Ditambahkan oleh Manajer Kebun PTPN menyampaikan kondisi dilapangan bahwa beberapa warga yang mempermasalahkan dan menuntut lahan HGU mulai muncul tahun 2008 dan berulang setiap 5 tahunan dengan permasalahan yang sama sehingga pada tahun 2023 Komnas HAM memfasilitasi dan memberikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti, namun sampai saat ini hasil dari tindaklanjut rekomendasi Komnas HAM belum terrealisasikan.

Baca Juga

Camat Polut dan kepala desa yang hadir pada rakor ini mengutarakan kondisi eksisting masyarakat polongbangkeng yang menuntut ganti rugi atas lahan HGU PTPN dengan berbagai permasalahan yang dihadapi diantarannya kesejahteraan warga yang butuh diperhatikan oleh BUMN tersebut.

Rapat Koordinasi ini memberikan rekomendasi untuk membentuk TIM penyelesaian konflik lahan HGU PTPN 1 dimana Tim Tersebut melibatkan semua stakeholder yang akan memediasi dan mengedukasi masyarakat sekitar lahan HGU PTPN dan membentuk posko pengaduan di PTPN 1 (Pabrik Gula) Takalar.

Baca Juga :   Sebelum Sertijab, Masyarakat Sidrap Beri Suprise pada AKP Benny Pornika 

Dari hasil pengaduan yang dibuka secara terbuka akan dilakukan plotting oleh BPN bersama TIM untuk menunjukkan dan Verifikasi subyek dan Objek lahan HGU sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTPN 1 dan warga yang mengklaim supaya sesuai dengan regulasi dan norma hukum yang berlaku.

Selanjutnya Pemerintah Daerah Kab. Takalar bersama PTPN 1 akan menyusun program pemberdayaan masyarakat sekitar lahan PTPN 1 untuk mensejahterakan masyarakat lokal, sehingga warga sekitar merasakan manfaat yang lebih signifikan dari kehadiran PTPN.

Pj. Bupati menyampaikan bahwa setelah pertemuan ini akan dilaksanakan pertemuan lanjutan bersama Pemda dan stakeholder dengan mengundang warga yang selama ini mempermasalah lahan HGU PTPN. (Jaya)

dibaca : 227



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top