ikut bergabung

Pj Bupati Sinjai Paparkan Kinerja Triwulan III di Depan Kemendagri


Sulsel

Pj Bupati Sinjai Paparkan Kinerja Triwulan III di Depan Kemendagri

SINJAI, UJUNGJARI.COM – Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, Dr. Andi Firman, memaparkan kinerja Pemerintah Kabupaten Sinjai pada triwulan III tahun 2024 di hadapan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin, (15/7/2024).

Presentasi tersebut merupakan bagian dari evaluasi rutin yang dilakukan oleh Kemendagri untuk memantau perkembangan dan pencapaian pemerintah daerah.

Di hadapan jajaran Kemendagri, T.R. Fahsul Falah memaparkan 10 aspek prioritas yang dilakukannya di masa triwulan III dalam memimpin roda pemerintahan di Sinjai.

Diantaranya kesehatan, stunting, layanan publik, kemiskinan ekstrem, inflasi, BUMD, penyerapan anggaran, perizinan, kegiatan unggulan, dan pengangguran.

Untuk bidang kesehatan, Pj Bupati mengungkapkan bahwa ada 29 dokter spesialis yang ada di Kabupaten Sinjai dan mendapat apresiasi langsung dari Presiden RI Joko Widodo saat mengunjungi RSUD Sinjai.

Sebagai upaya untuk menambah fasilitas dokter spesialis, saat ini ada 8 orang dokter umum sedang menempuh pendidikan spesialis, seperti spesialis anastesi, ortopedi, pulmonologi, gigi anak, gigi konservasi, bedah mulut, THT, dan bedah.

Adapun untuk penurunan stunting, Pemkab Sinjai telah melakukan berbagai upaya. Yakni skrining anemia para remaja putri, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, pemeriksaan berkala bagi ibu hamil, pemberian tablet tambah darah 90 tablet pada ibu hamil.

Kemudian pemberian makanan tambahan berbahan pangan lokal pada ibu hamil dan balita gizi kurang. Selain itu juga dilakukan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita di Posyandu setiap bulan, konseling menyusui dan konseling PMBA, pemberian imunisasi dasar lengkap.

Baca Juga :   Pangkep Terima Penghargaan IGA Kemendagri

Juga dilakukan pelaksanaan bimbingan konseling dan pemeriksaan kesehatan pada calon pengantin, serta pendampingan pemberian ASI eksklusif dan MP ASI baduta 6-23 bulan.

Selanjutnya di bidang layanan publik, Pemkab Sinjai telah memberikan fasilitasi melalui Bagian Organisasi terhadap OPD yang akan membuat atau memperbarui SOP-nya. Serta rutin melakukan kunjungan kerja ke kecamatan terkait pemenuhan aspek layanan publik.

Dalam penanganan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Sinjai, pemerintah daerah telah melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Selain itu juga telah dilakukan penyaluran beras cadangan pangan pemerintah.

Untuk mengatasi persoalan kemiskinan ekstrem tersebut, Pemkab Sinjai dibawah kepemimpinan T.R. Fahsul Falah akan mengupayakan pemberdayaan UMKM, pengembangan produk unggulan daerah, bedah rumah, pemberian PKH dan BLT, pelatihan dan penempatan tenaga kerja, dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

dibaca : 309

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top