ikut bergabung

Besok Dilantik Jadi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNM, Ini Profil Arifin Manggau


Dr Arifin Manggau

Berita

Besok Dilantik Jadi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNM, Ini Profil Arifin Manggau

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Karta Jayadi, MSn akan melantik empat wakil rektor baru masa bakti 2024-2028 di kampus UNM Makassar, Senin (15/7) besok.

Salah seorang wakil rektor yang bakal dilantik adalah Dr Arifin Manggau. Dosen Seni di Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM ini akan diberi amanah sebagai wakil rektor (WR) III yang membidangi kemahasiswaan dan alumni.

Berikut profil dan perjalanan karier Dr Arifin Manggau.

Arifin Manggau lahir di Makassar, 2 April 1974. Meraih gelar sarjana pendidikan pada prodi Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNM tahun 1999. Selanjutnya gelar magister pendidikan ia raih dari program studi IPS konsentrasi pendidikan Antropologi UNM tahun 2001.

Pria yang akrab disapa Deng Iping ini sukses meraih gelar doktor pendidikan seni dari Universitas Negeri Semarang tahun 2018.

Saat ini Arifin bekerja sebagai tenaga pendidik di Universitas Negeri Makassar sejak tahun 2006 pada fakultas Seni dan Desain, program studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik.

Pada periode 2016-2018, ia diberi amanah sebagai staf ahli wakil rektor bidang kemahasiswaan UNM. Arifin juga aktif sebagai Pembina Kelompok Seni Aaksara Fakultas Ilmu Pendidikan UNM sejak 2010 hingga sekarang.

Di sejumlah unit kegiatan mahasiswa, Dg Iping juga aktif sebagai dewan pembina. Di antaranya UKM SAR dan Teater Kampus FSD UNM.

Baca Juga :   Jadi Finalis Academic Leader 2022, Buktikan Prof Husain Pemimpin Segudang Prestasi

Pada tahun 2018-2020, Arifin menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Media Pembelajaran UNM.

Selanjutnya pada 2020-2024, ia diberi tugas sebagai Kepala Pusat Kuliah Kerja Nyata dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Negeri Makassar.

Saat ini Arifin menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan Fakultas Seni dan Desain (FSD) UNM.

Arifin juga tercatat sebagai anggota senat UNM dan anggota senat FSD UNM sejak 2023. Asesor Lamdik ini juga aktif sebagai pengurus Asosiasi Pendidikan Seni Indonesia (APSI).

Di luar kampus, Daeng Iping juga aktif memimpin organisasi. Di antaranya Ketua Umum Ikatan Alumni Konri/SMKI dan SMK 2 Sungguminasa.

Arifin juga aktif sebagai Ketua Dewan Kesenian Sulsel (DKSS) periode 2024-2029. Bahkan pada Munas Dewan Kesenian Nasional, 2024 ia didapuk sebagai salah satu sterring committe.

Pengalaman dan Karya

Arifin Manggau juga dikenal sebagai seniman yang kreatif dan produktif. Sejumlah karyanya telah digunakan untuk kepentingan publik. Salah satunya adalah mars Sulawesi Selatan. Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono memberi langsung penghargaan kepada Arifin sebagai pencipta mars Sulsel pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018 lalu.

dibaca : 13.717

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top