ikut bergabung

Pesta Adat Maddowa Mattojang Warnai Padendang Pallipa Putewe Pemkab Pinrang


Berita

Pesta Adat Maddowa Mattojang Warnai Padendang Pallipa Putewe Pemkab Pinrang

PINRANG, UJUNGJARI.COM — Menghadiri pesta adat Maddowa / Mattojang dan Mappadendang Pallipa Putewe di Dusun Katteong Desa Samaenre Kecamatan Mattiro Sompe, Kamis (11/7/2024) Pj.Bupati Pinrang H.Ahmadi Akil,SE,MM berharap kegaiatan adat seperti ini rutin digelar untuk mempertahankan adat istiadat setempat.

Pj.Bupati Ahmadi Akil melanjutkan, adat istiadat merupakan sebuah kearifan lokal yang erat hubungannya dengan eksistensi masyarakat.

Olehnya itu, hal ini tidak boleh dilupakan karena keberadaan dan keberhasilan kita sekarang tidak lepas dari peran serta adat istiadat dan kearifan lokal yang menjadi ciri khas dari masyarakat bugis Kabupaten Pinrang.

Baca Juga

Pj.Bupati Ahmadi Akil juga mengungkap apresiasi kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan adat seperti ini yang menjadi perwujudan dalam upaya mempertahankan kearifan lokal.

“Adat istiadat dan Budaya adalah salah satu modal dasar dalam membangun karakter suatu bangsa” ujar Pj.Bupati Ahmadi Akil.

Pada kesempatan ini, Pj.Bupati Ahmadi Akil juga mengajak kepada seluruh Generasi muda untuk ikut serta dalam upaya mempertahankan tradisi dan budaya sehingga tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Semangat kebersamaan dan gotong royong juga menjadi salah satu hal yang patut diapresiasi sehingga kegiatan besar ini dapat dilaksanakan dimana hal ini sudah jarang ditemui dimasa modern seperti saat ini.

Pada kesempatan ini, Pj.Bupati Ahmadi Akil juga berkesempatan melakukan ziarah makam La Tola Pallipa Putewe, salah saeorang Ulama dan tokoh agama masyarakat Dusun Katteong.

Baca Juga :   Ketua GenPI Sulsel Terpilih, Asriadi Rijal Program 1 GenPI 1 Desa

Pada kesempatan ini hadir unsur Forkopimda, Asisten Ekonomi Pembangunan H.Abd Rahman Mahmud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan A.Macca, Kepala Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olahraga A.Suyuti, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura A.Sinapati Rudi, Camat Mattiro Sompe A.Ramlan Natsir serta pihak terkait lainnya. (Jaya)

 

dibaca : 214



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top