ikut bergabung

Baruga Puan Tani dan Literasi Pangan Alami


Citizen

Baruga Puan Tani dan Literasi Pangan Alami

Daeng So’na merancang Baruga Puan Tani ini dengan meniru rumah tradisional orang-orangtua zaman dahulu. Rumah panggung tradisional khas Makassar ini juga dibuat dengan prosesi adat yang biasa dilakukan bila orang mendirikan rumah. Ada umba-umbanya, kulapisi, pallu golla, dan unti tekne yang diletakkan di atas kappara.

Prosesi yang disebut picuru ini dilakukan sebelum rangka bangunan didirikan. Daeng So’na bercerita, baju dan lipa sabbe juga diikat di tiang tengah (benteng tangnga). Di situ digantung unti tekne (pisang), gula merah, dan kelapa. Semua dibeli di Pasar Pattallassang, yang dalam bahasa Makassar bermakna sumber kehidupan. Ini merupakan salah satu tradisi masyarakat lokal, dengan harapan kehidupan masa depannya akan lebih baik.

Daeng So’na dalam mengelola lahan pertanian bersama ayahnya, dibantu oleh Daeng Lawa. Sebelum masuk ke pekarangan baruga, kita bisa melihat tanaman ubi cilembu, kelor, jati belanda dan jati lokal. Ada juga tebu, serei, sirsak, jambu kristal, ubi kayu dan kacang panjang. Kunyit, lengkuas, markisa, beberapa jenis mangga, rambutan, kelapa, belimbing, tabebuya, bidara, jeruk nipis, nagka, bunga telang, nenas, daun pandan, dan kersen juga ada.

Di bagian belakang baruga, terdapat 3 jenis pohon bambu. Ada jenis bambu tali, yang sudah langka di Bonto Panno, bahkan tinggal satu-satunya. Ada bambu banoa, bambu parring, dan bambu gading yang berwarna kuning. Beberapa jenis pisang juga ditanam, seperti pisang goroho, unti tunuang, serta pisang bainang yang enak bila digoreng.

Baca Juga :   Sekolah Putri Darul Istiqamah Maros Launching Enam Buku Antologi Karya Santri dan Guru

Pohon inru (aren), lontar, dan paramunte, buah sejenis markisa. Orang dulu, katanya, menganggap buah ini sebagai makanan ular, tapi sebetulnya rasanya mirip markisa. Selain itu, terdapat green house, yang tengah dilakukan pembibitan pepaya kalifornia dan pohon durian.

Daeng So’na mengimpikan Baruga Puan Tani ini menjadi lokasi rekreasi keluarga yang edukatif terkait pertanian alami. Dia berencana mengadakan kegiatan melukis dan literasi dengan melibatkan murid-murid Sekolah Dasar. Menurutnya, keanekaragaman hayati perlu diperkenalkan sejak dini.

Di Baruga Puan Tani ini, mereka yang berkunjung bukan hanya bisa belajar, tapi sekaligus menikmati makanan yang dioleh dari kebun yang terhampar di halaman baruga. Selain edukasi tanaman, mereka yang datang juga akan mendapat pembelajaran terkait rumah panggung tradisional Makassar. (rt)

dibaca : 6.574

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Citizen

Populer Minggu ini

Arsip

To Top