ikut bergabung

Puluhan UMKM Dilatih Peningkatan SDM dan Manajemen Pemasaran

DIKLAT. Kadis Koperasi dan UKM Gowa Mahmuddin saat membuka diklat manajemen dan pengembangan SDM UMKM. (foto/ist)

Sulsel

Puluhan UMKM Dilatih Peningkatan SDM dan Manajemen Pemasaran

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sedikitnya 35 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kabupaten Gowa mengikuti pendidikan dan pelatihan kapasitas, kompetensi SDM serta kewirausahaan yang diselenggarakan jajaran Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa.

Kegiatan peningkatan pemahaman dan pengetahuan UMKM ini berlangsung sehari di Resto dan Fishing Dewi Sri di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (1/7) siang.

Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa Mahmuddin yang membuka kegiatan tersebut mengatakan dunia usaha itu mudah tapi sulit. Artinya, mudah membuat usaha tapi sangat sulit untuk mengembangkannya.

Terkadang, seorang pengusaha kecil mampu membuka usaha. Bulan pertama produksi masih bagus, begitu masuk bulan kedua ketiga dan seterusnya mulai kerepotan permodalan.

Karena itu, kata Mahmuddin, seorang pelaku usaha khususnya UMKM harus memahami betul apa itu UMKM, apa usaha yang digelutinya, bagaimana pengembangannya, bagaimana cara pemasaran yang baik dan cara mengelola atau manajemennya.

“Disitulah benturan dan tantangannya kerap dihadapi dalam mengembangkan usaha. Mudah dapat modal misalnya, namun sulit di pemasaran, maka pasti akan keteteran hingga akhirnya tutup usaha dan terjerat utang modal usaha. Karena itu melalui pelatihan ini, kita berharap para UMKM paham alurnya, paham manajerial usaha dan pemasarannya, ” kata Mahmuddin.

Dikatakan Kadis Koperasi dan UKM Gowa, manajemen pemasaran UMKM itu memiliki empat strategi penting yakni strategi harga, strategi tempat, strategi produk dan strategi promosi.

Baca Juga :   Berdayakan Pelaku UMKM dan IKM di Pangkep, Bupati MYL Serahkan Bantuan

“Keempat strategi ini sangat penting dimiliki seorang pelaku UMKM. Kendala dan tantangan adalah aspek penting dalam pengembangan manajemen UKM dan manajemen SDM. Karena itu, agar bisa terpenuhi ini semua maka pelaku UMKM perlu memiliki kapasitas dan kompetensi SDM dan kewirausahaan melalui pendidikan dan pelatihan ini,” tambah Mahmuddin.

Disebutkannya, salah satu unsur penting dalam usaha adalah manajemen. Manajemen itu merupakan serangkaian kegiatan dalam suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.

“UMKM adalah usaha produktif yang memiliki peran baik dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro, ” jelas Mahmudin yang turut menyampaikan materi terkait manajemen dan peningkatan SDM bagi UMKM. Saya berharap melalui kegiatan ini mampu memberikan gambaran kepada UMKM pentingnya peningkatan dan pemahaman SDM sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produktivitas penerapan teknologi serta transformasi digital, ” kata Mahmuddin.

dibaca : 219

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top