ikut bergabung

Disdik Sinjai Sosialisasikan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Tingkat PAUD

Sulsel

Disdik Sinjai Sosialisasikan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Tingkat PAUD

SINJAI, UJUNGJARI.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pendidikan menunjukkan komitmennya dalam mendukung upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan pendidikan dengan langkah konkret.

Upaya ini diwujudkan melalui Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini.

Sosialisasi yang berlangsung di Gedung Pertemuan Kabupaten Sinjai, resmi dibuka oleh Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah, Selasa, (2/7/2024) dan dihadiri Bunda PAUD Sinjai, Cut Resmiati dan Dandim 1424 Sinjai.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib, mengatakan bahwa sosialisasi ini diikuti oleh pengawas taman kanak-kanak sebanyak 6 orang, Penilik PAUD dan PNF sebanyak 3 orang, serta Kepala Sekolah/Pengelola atau perwakilan tenaga pendidik dari 327 satuan PAUD di Kabupaten Sinjai.

Tujuan sosialisasi ini, menurut Irwan, adalah untuk memperkenalkan Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan kepada pemangku kepentingan di satuan pendidikan.

Selain itu, sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman tentang jenis-jenis kekerasan yang dapat terjadi di satuan pendidikan serta cara pencegahan dan penanganannya sesuai dengan
Program Pencegahan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP)

Sementara itu, Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, mengungkapkan bahwa kekerasan dapat memberikan dampak negatif yang signifikan bagi peserta didik, baik secara fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, upaya pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga :   Ini Partisipasi Kepolisian dalam HUT Bulukumba ke 60

“Seperti yang kita ketahui bersama, kekerasan di lingkungan satuan pendidikan merupakan salah satu masalah serius yang perlu mendapatkan perhatian kita semua, karena itu, kami sangat berharap dengan diadakannya sosialisasi ini dapat menekan dan menghilangkan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan,” ungkapnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Pj Bupati Sinjai menekankan perlunya sinergi antar-stakeholder untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh warga satuan pendidikan. Hal ini termasuk melindungi seluruh warga satuan pendidikan dari tindak kekerasan dan mencegah mereka melakukan tindak kekerasan.

Dalam sosialisasi ini, Bunda PAUD Sinjai Cut Resmiati juga melakukan launching satu desa/kelurahan satu PAUD HI.

dibaca : 130



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top