ikut bergabung

Ada Rumah Dilan dan Gerbang Daeng Sibali di Tombolopao

SMEP. Kegiatan SMEP yang dilakukan TP PKK Gowa di Desa Tamaona, Kecamatan Tombolopao. (foto/ist)

Sulsel

Ada Rumah Dilan dan Gerbang Daeng Sibali di Tombolopao

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tombolopao adalah sebuah kecamatan dalam wilayah pegunungan Kabupaten Gowa yang terletak berbatasan dengan Kabupaten Sinjai.

Wilayah ini cukup potensi dalam pertanian hortikultura. Kaya hasil bumi. Tombolopao merupakan wilayah yang tanaman pangan lokalnya aneka rupa dan bernilai gizi tinggi.

Sayangnya, tidak bisa dikelola dengan baik oleh masyarakat. Petani hanya memproduksi yakni tanam dan panen lalu jual ala kadarnya demi untuk kehidupan sehari-hari. Hal itu disebabkan minimnya ilmu dan wawasan masyarakat untuk mengolah pangan lokal tersebut.

Melihat potensi besar yang dimiliki Tombolopao ini, Tim Penggerak PKK Kecamatan Tombolopao pun bergerak. PKK menciptakan inovasi Gerakan Perbaikan Gizi Dengan Mengkonsumsi Bahan Pangan Lokal Berprotein Tinggi atau disingkat Gerbang Daeng Sibali.

Inovasi inipun diperkenalkan oleh PKK Tombolopao kepada Tim SMEP TP PKK Gowa yang berkunjung ke Tombolopao dalam rangkaian SMEP atau Supervisi Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan pada Senin (1/7) lalu.

Mussadiyah Rauf, Wakil Ketua TP PKK Gowa memimpin langsung kunjungan SMEP ini dan dipusatkan di Desa Tamaona. Tim SMEP ini disambut sukacita para kader PKK Tombolopao.

Fitri Astan selaku Ketua TP PKK Kecamatan Tombolopao mengatakan, inovasi ini tengah gencar disosialisasikan ke semua desa di Kecamatan Tombolopao.

“Saat ini kami (PKK kecamatan) gencar sosialisasikan inovasi ini ke semua desa dengan cara memberi contoh pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal. Sosialisasi ‘Gerbang Daeng Sibali’ ini melibatkan stakeholder terkait termasuk Pemerintah Kecamatan Tombolopao. Dan alhamdulillah, sosialisasi kami lancar tanpa kendala. Semoga ini bisa konsisten kami jalankan, ” kata Fitri.

Baca Juga :   Diduga Bekingi Tambang Ilegal, Wabup Takalar Laporkan Oknum TNI ke Kasdam

Dijelaskan, inovasi ‘Gerbang Daeng Sibali’ menyasar masyarakat di sembilan desa/kelurahan di Kecamatan Tombolopao, terutama ibu hamil serta orangtua yang memiliki Batita dan Balita.

Inovasj ‘Gerbang Daeng Sibali’ ini diapresiasi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf. Mussadiyah mengatakan, PKK memiliki peran penting dalam menggerakkan masyarakat dan meningkatkan kunjungan dan cakupan sasaran ke Posyandu serta melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan intervensi serentak.

“Mari kita berkoordinasi dengan baik dan memastikan setiap program yang telah direncanakan dapat dijalankan dengan baik. Semoga inovasi ‘Gerbang Daeng Sibali’ ini mampu memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat terkait pengolahan bahan pangan lokal bernilai gizi tinggi yang baik. Jika nanti sudah tahu bagaimana mengolah, semoga bisa menjadi nilai tambah ekonomi masyarakat, ” kata istri Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio.

dibaca : 214

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top