ikut bergabung

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Kunjungi Desa Wisata Mattabulu Soppeng Sulsel 

Berita

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Kunjungi Desa Wisata Mattabulu Soppeng Sulsel 

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Penganugerahan desa wisata oleh Kemenparekraf diharapkan menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, serta mewujudkan visi Indonesia sebagai tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, serta mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Sasaran dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk terkumpulnya hasil penilaian dari lima kategori penilaian dan tersusunnya profiling 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari proses visitasi dan penilaian yang dikunjungi oleh dewan juri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga

Penerima manfaat dari kegiatan visitasi dan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 ini antara lain adalah pengelola desa wisata, pemerintah daerah, industri pariwisata dan ekonomi kreatif, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Adapun lima kategori penilai, masing-masing daya tarik desa wisata, peningkatan standar kualitas amenitas pariwisata dengan standar CHSE melalui fasilitas homestay, toilet, serta fasilitas penunjang pariwisata lainnya (restoran, tempat ibadah, dan parkir) untuk pemenuhan sarana dan prasarana kenyamanan wisatawan.

Kemudian, akselerasi transformasi digital melalui pelayanan infrastruktur dan menciptakan konten kreatif sebagai sarana promosi desa wisata melalui media digital.

Berikutnya pemberdayaan sumber daya manusia di desa wisata untuk meningkatkan lapangan kerja, dampak ekonomi, serta mendukung kesetaraan gender dalam pelibatan SDM di Desa Wisata.

Baca Juga :   Dinkes Takalar Realese Satu Warga Positif Covid-19

Terakhir pengelolaan yang berkelanjutan dengan memperhatikan isu lingkungan serta memiliki manajemen risiko.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut.

Pada 2021 tdiikuti oleh 1.831 desa wisata. Peningkatan yang signifikan terjadi pada 2022 dengan total peserta 3.419 desa wisata.

Pada 2023 telah mencapai angka yang mengesankan, yaitu 4.573 desa wisata. Hingga saat ini sudah ada 175 desa wisata terbaik yang telah mendapatkan penghargaan.

Tahun ini, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) diselenggarakan dengan mengangkat tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”. Ini bukan hanya sebuah tema, tetapi sebuah visi untuk masa depan pariwisata di Indonesia. (*)

dibaca : 279

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top