ikut bergabung

PKK Bontomarannu Daur Ulang Botol Bekas Jadi Bernilai

BOTOL. Kerajinan dari botol bekas yang dibuat kader PKK di Bontomarannu. Kerajinan ini diperlihatkan saat berlangsung SMEP yang dipimpin Wakil Ketua TP PKK Gowa Mussadiyah Rauf. (foto/ist)

Sulsel

PKK Bontomarannu Daur Ulang Botol Bekas Jadi Bernilai

GOWA, UJUNGJARI.COM — TP PKK Bontomarannu mendapatkan aplous dari Wakil Ketua TP PKK Gowa Mussadiyah Rauf dan jajaran pengurus PKK kabupaten lantaran mampu mengolah limbah menjafi bernilai.

Salah satu limbah yang dibuat berharga adalah limbah botol minuman. Botol bekas minuman diolah menjadi benda pajangan yang memiliki nilai estetik bahkan memiliki nilai jual sebagai keterampilan tangan

Sebagai kecamatan pertama yang dikunjungi tim supervisi pada pelaksanaan Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (SMEP) tingkat Kabupaten Gowa, TP PKK Kecamatan Bontomarannu menghadirkan berbagau inovasi kerajinan tangan unggulan.

Botol-botol bekas tersebut dihias dan hasilnya ada yang jadi vas bunga atau hiasan bufet dan etalase rumah. Kerajinan tersebut diperkenalkan langsung Ketua TP PKK Kecamatan Bontomarannu Ferica Syafa’at.

Ferica mengatakan, pemanfaatan botol kaca bekas tersebut selain memiliki nilai estetik yang cukup tinggi juga memiliki nilai jual yang tentunya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya ibu-ibu rumahtangga di Kecamatan Bontomarannu.

“Hiasan dari botol kaca bekas ini tidaklah susah untuk dibuat karena bahan-bahan yang digunakan pun merupakan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti tali kur dan juga tali karung goni, juga yg utama adalah botol kaca bekas mudah kita dapatkan,” kata istri Camat Bontomarannu ini.

Dirinya mengatakan bahwa inovasi yang dilakukan tersebut saat ini sudah mulai dipasarkan oleh para kader tim penggerak PKK Kabupaten Gowa. Dirinya pun gencar melakukan pelatihan terhadap para kader dan juga masyarakat setempat untuk membuat kerajinan tangan dari botol bekas tersebut.

Baca Juga :   Puluhan Kader PKK Gowa Ramaikan HKG Nasional di Solo, Mussadiyah Akui Kreatif dan Inovatif

Sementara itu, Camat Bontomarannu Muhammad Syafa’at Surya Atmaja mengatakan, dalam persiapan supervisi di wilayahnya ini dilakukan kolaborasi semua pihak baik Pemerintah Kecamatan Bontomarannu, PKK, hingga peran serta para Kepala Desa.

“Alhamdulillah, berkat kekompakan bersama Tripika kecamatan hingga ibu-ibu desa, semua bisa berjalan baik pada supervisi kali ini. Kekompakan dan kolaborasi seperti yang diinginkan oleh bapak Bupati dan Wakil Bupati Gowa sudah terlaksana dengan baik di Bontomarannu ini,” kata Syafa’at.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf mengatakan, PKK merupakan mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dalam rangka pencapaian tujuan dan sasarannya.

“Di dalam PKK, seluruh kader melaksanakan 10 Program Pokok PKK yang dijabarkan ke dalam program prioritas yang mutlak dilaksanakan oleh seluruh jajaran dan tim penggerak PKK dari tingkat pusat hingga ke tingkat desa/kelurahan,” kata istri Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni ini.

dibaca : 376

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top