ikut bergabung

KH Nazaruddin Umar Ulama Negarawan


Opini

KH Nazaruddin Umar Ulama Negarawan

Selain itu, Prof Nas juga menekankan pentingnya keberpihakan tata kelola ekonomi untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.

Rasulullah saw dan para sahabatnya, masjid menjadi pusat aktivitas umat Islam. Rasulullah membina para sahabat menjadi kader tangguh dan terbaik umat Islam untuk memimpin, memelihara, dan mewarisi ajaran-ajaran agama dan peradaban Islam.

Selain itu, masjid sekaligus pusat pengembangan ekonomi umat Islam. Masjid merupakan pranata keagamaan yang tak terpisahkan dari kehidupan spritual, sosial, dan ekonomi.

Baca Juga

Dalam perkembangannya, masjid mengalami banyak perubahan mengacu pada fungsi masjid pada zaman Rasullulah dan perkembangan Islam modern di masa depan.

Prof Nas dalam mengelola Masjid Istiqlal mengusung trobosan progresif soal rumah ibadah. Mengusung tagline ‘green and smart mosque’.

Melalui tangan dinginnya, Masjid Istiqlal didorong menjadi percontohan dunia, sebagai rumah ibadah yang tidak hanya fokus pada bidang peribadatan dan dakwah.

Beliau menjadikannya sebagai rumah umat untuk menyelesaikan semua persoalan bangsa Indonesia. Mulai dari pendidikan, Kesehatan, sosial dan ekonomi.

Pengakuan dunia terhadap Prof Nas adalah Islam Hijau yang digagasnya. Hal tersebut menjadi pemberitaan utama pada NYTimes baru-baru ini.

“Kekurangan fatal kita sebagai manusia adalah kita memperlakukan bumi hanya sebagai sebuah benda,” kata Imam Besar Nasaruddin Umar.

“Semakin serakah kita terhadap alam, semakin cepat hari kiamat tiba.” ungkap Sang Imam ke NYTimes.

Baca Juga :   Stroke Telinga, Apakah Itu?

Pada bidang ekonomi, tahun 2021 misalnya. Masjid Istiqlal mengembangkan Halal Center dan menjadi hub untuk menjalankan beragam aktivitas ekonomi yang memberikan nilai tambahan kemaslahatan umat, termasuk di dalamnya aktivitas usaha dan bisnis.

Masjid Istiqlal bertransformasi menjadi pembina, pendampingan UKM halal dan mengambil peran dalam membangun ekosistem halal hub Indonesia. Istiqlal mengambil peran strategis mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal dunia.

Inovasi Prof Nas membawa dampak yang signifikan terhadap kemajuan Islam, Indonesia dan dunia. Transformasi Istiqlal mempercepat perkembangan ekonomi syariah dan muamalah yang pada akhirnya Masjid menjadi pusat berkumpulnya umat dalam hubungan habluminallah maupun habluminannas.

Islam, nasionalisme dan pemberdayaan ekonomi menyatu dalam satu kesatuan pemikiran yang dimiliki oleh Prof Nas. Integrasi tiga pemikiran, tidak hanya menjadikan Prof Nas sebagai ulama karismatik.

dibaca : 730

Laman: 1 2 3 4



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Opini

Populer Minggu ini

Arsip

To Top