ikut bergabung

Makassar Satu-satunya Kota di Indonesia Masuk Kota Bahagia di Dunia

Berita

Makassar Satu-satunya Kota di Indonesia Masuk Kota Bahagia di Dunia

JAKARTA,UJUNGJARI.COM–Satu lagi predikat membanggakan bagi Kota Makassar. Kota yang kini dipimpin Moh Ramdhan Pomanto itu masuk sebagai kota bahagia di dunia. Makassar merupakan satu-satunya kota dari Indonesia yang meraih predikat ini.

Berdasarkan laporan Happy City Index, Makassar menduduki peringkat 234 dari 250 kota bahagia di dunia pada tahun 2024. Laporan tersebut diprakarsai oleh lembaga riset asal Inggris, Institute of Quality o Life’.

Laporan tersebut disusun berdasarkan penelitian yang disusun oleh lembaga riset asal Inggris, Institute of Quality o Life’. Penelitian tersebut membagi ukuran kebahagiaan menjadi 5 area, yakni warga negara, tata kelola, lingkungan, ekonomi dan mobilitas.

Happy City Index membagi 250 kota paling bahagia di dunia ke dalam tiga kategori. Ketiga kategori tersebut adalah gold, silver, dan bronze atau perunggu.

Makassar, Saint Petersburg, dan 148 kota lainnya masuk dalam kategori bronze atau perunggu. Makassar meraih total skor 1230,7, sedangkan Saint Petersburg meraih total skor 1213,6.

Selain Makassar dan Saint Petersburg, sejumlah kota di dunia yang juga masuk dalam kategori bronze adalah Gdansk dari Polandia, Barcelona dari Spanyol, serta Toulouse dari Prancis. Kemudian kota lainnya yakni Kuala Lumpur dari Malaysia, Madrid dari Spanyol, dan Wuhan dari China.

Untuk kategori utama, golden ‘happiest’ city diisi oleh 37 kota dari berbagai negara. Di antaranya Aarhus dari Denmark, Zurich dari Swiss, Berlin dari Jerman, Gothenburg dari Swedia, serta Amsterdam dari Belanda secara berurutan masing-masing menduduki peringkat pertama hingga kelima.

Baca Juga :   Banyak Aplikasi Web Pemkab Gowa Berisiko Dihack, BSSN Asistensi Pembentukan CSIRT

Dua kota dari negara Asia, yakni Singapura dan Soeul juga tergolong ke dalam golden ‘happiest’ city. Kedua kota itu masing-masing berada pada peringkat 34 dan 36.

Kemudian untuk kategori Silver Cities diisi oleh 63 kota dari berbagai negara di dunia. Kota seperti Tokyo dari Jepang, Milan dari Italia, Dubai dari Uni Emirat Arab termasuk dalam ketegori ini.

dibaca : 288



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top