ikut bergabung

Siap Mencerdaskan Anak Bangsa, Aplikasi Enuma Transformasi Digital Pemula Disosialisasikan  


Berita

Siap Mencerdaskan Anak Bangsa, Aplikasi Enuma Transformasi Digital Pemula Disosialisasikan  

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Sekolah Enuma atau Aplikasi Enuma adalah teknologi yang bergerak di bidang edukasi untuk pembelajaran pemula anak usia dini.

Salah satu tantangan dunia pendidikan saat ini adalah perubahan teknologi yang dinamis dan cepat sehingga inilah yang menjadi tantangan bagaimana anak-anak tetap bisa mengembangkan kemampuan Literasi dan Numerasi dan pengembangan daya nalar di tengah perubahan pengetahuan dan teknologi yg begitu cepat dan canggih saat ini, maka dari itu PT Enuma Indonesia melalui distributornya di Sulawesi Selatan telah melaksanakan Workshop atau sosialisasi di sejumlah kabupaten/kota.

Baca Juga

Farid Galib, Distributor yang ditunjuk untuk mempresentasikan sekolah Enuma di Sulawesi Selatan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini telah dilakukan pihaknya sejak 13 Mei 2024 lalu, dan sudah merambah ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Hingga kini, sudah ada sepuluh Kabupaten Kota daerah di Sulawesi Selatan yang kami kunjungi. Sosialisasi terakhir di bulan juni ini digelar di Kabupaten Soppeng,” ujar Farid Galib, Jum’at (14/6/2024).

Setelah itu, kata dia, workshop Aplikasi Enuma dilanjutkan dibulan Juli untuk kabupaten lainnya, dan sosialisasi ini di ikuti oleh Kepala SD, TK dan Paud sebagai peserta.

“Sebelum pelaksanaan sosialisasi, Tim Enuma dari Jakarta telah melakukan audiensi bersama pemerintah daerah masing-masing,” terang Farid.

Khusus pelaksanaan di Kabupaten Enrekang, workshop Aplikasi Enuma digelar di Aula Kantor Bupati Enrekang, lanjut kabupaten Luwu dan Kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Andi Palanggi sangat mengapresiasi hadirnya Sekolah Enuma di wilayah Kabupaten luwu yg sebagian wilayahnya belum dijangkau internet, karena aplikasi Enuma adalah aplikasi yang tidak memerlukan akses internet setelah terunduh dan sangat mendukung pembelajaran literasi dan numerasi anak lewat ribuan kegiatan belajar, buku, video dan game yang dikemas dalam satu aplikasi saja.

Baca Juga :   Sungai Pangkajene Meluap, Banjir di Pangkep Rendam Enam Kecamatan

Sekolah Enuma dikembangkan sejalan dengan kurikulum Nasional dan kurikulum Merdeka, dengan tujuan pembelajaran bagi anak-anak jenjang prasekolah hingga pendidikan dasar tingkat awal.

“Dengan hadirnya sekolah Enuma maka dapat memberikan ruang bagi anak- anak karena bisa menikmati dan cinta belajar,” katanya.

Seperti halnya di kabupaten Soppeng Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Nur Alim turut mendukung hadirnya sekolah Enuma karena tuntutan globalisasi dan teknologi saat ini dan hasil riset menunjukkan transformasi digital belajar pada anak-anak didik usia dini perlu dikembangkan kemampuan literasinya dan lewat Aplikasi Sekolsh Enuma ini sebagai alternatif konten belajar,” pungkas Nur Alim. (Wan)

dibaca : 455



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top