SINJAI, UJUNGJARI.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa memantau pelaksanaan donor darah yang digelar Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD RSUD) Sinjai, Sabtu, (15/6/2024)

Donor darah ini digelar dalam rangka memperingati Hari Donor Sedunia.  Calon pendonor nampak begitu antusias datang dalam aksi kemanusiaan itu yang berlangsung di Gedung Lantai 2 UTD RSUD Sinjai.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengapresiasi pelaksanaan donor darah tersebut. Sebab, selain dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, juga dapat membantu ketersediaan darah di RSUD sehingga nantinya dapat berguna bagi masyarakat khususnya pasien yang membutuhkan darah.

Menurut Andi Jefrianto Asapa yang juga Plh Direktur RSUD Sinjai, antusias masyarakat untuk mendonorkan darahnya sangat tinggi. Itu dibuktikan masyarakat mulai berdatangan sejak pagi tadi.

“Alhamdulillah mulai dari tadi pagi masyarakat berdatangan untuk mendonorkan darahnya. Ini bertanda baik, bahwa kepedulian masyarakat Sinjai terkait donor darah ini mendapat respon yang sangat baik,” ujar Plh Direktur RSUD Sinjai ini.

Kepada para pendonor, Sekda mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bersedianya mendonor darahnya. Dia mengatakan, selain dapat bermanfaat bagi sesama, donor darah juga berguna bagi kesehatan dan memberikan dampak positif bagi tubuh pendonor.

Kepala UTD RSUD Sinjai, dr. Dewi Sri Kartini mengungkapkan, dalam aksi donor darah ini pihaknya menargetkan 50 kantong darah. Melihat antusiasme masyarakat yang tinggi,target ini dipastikan akan mencukupi.

Pasalnya, dari aplikasi E Jarum Suntik 20 calon pendonor telah melakukan pendaftaran, belum lagi masyarakat yang datang langsung ke gedung UTD RSUD untuk mendonor secara sukarela terbilang banyak.

“Targetnya maksimal 50 kantong, karena farah itu kalau disimpan ada masa expirednya kurang lebih 35 hari, jadi kalau sudah mencukupi 50 kantong sementara masih banyak pendonor, mungkin bisa dilain waktu,” ujarnya.

Selain masyarakat umum, para tenaga kesehatan (nakes) juga turut berpartisipasi menyumbang darahnya pada kegiatan ini.

Menariknya, aksi donor darah ini menyiapkan hidangan makan coto gratis, bagi mereka yang telah mendonorkan darahnya. (Adv)