ikut bergabung

24 Mahasiswa PPG UNM Tuntaskan PPL Selama Dua Bulan di SDN Garuda Makassar

Pendidikan

24 Mahasiswa PPG UNM Tuntaskan PPL Selama Dua Bulan di SDN Garuda Makassar

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM--Sebanyak 24 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Makassar sudah menuntaskan program Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) di SDN Garuda Makassar. Kamis (13/6) mereka ditarik dari lokasi pengabdiannya.

PPL berlangsung selama dua bulan. Sejak April hingga Juni 2024. Program PPL merupakan salah satu rangkaian yang wajib diikuti sebagai calon guru profesional.

Dosen Pembimbing Lapangan, Dr Ahmad Jamalong memawakili dosen pembimbing lapangan mengatakan pihaknya sangat senang karena mahasiswa PPG UNM angkatan 1 tahun 2024 ini sudah menjalankan arahan dan intruksi Ketua PPG UNM Dr Tangsi yang mengharapkan PPL mahasiswa PPG kali lebih bagus dari sebelumnya.

Selain Jamalong, dosen pembimbing lainnya yang hadir adalah Dr Suarlin (PGSD), Dr Yusnadi (PGSD) dan Dr Ramlan (PGSD).

Jamalong menambahkan pada PPL kali ini dilakukan observasi tentang manajemen yang dilakukan oleh sekolah, budaya pendidikan dan pengajaran di sekolah dan leadership kepala sekolah.

“Mahasiswa PPL telah banyak mendapatkan ilmu dan pengelaman tentang budaya pedagogik sebagai bekal nantinya kelak setelah mereka mengabdi sebagai guru profesional sesuai tuntutan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,” katanya.

Farida, M.Pd yang mewakili kepala sekolah Abdul Muhsin, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada UNM khusunya Program PPG UNM atas kolaborasinya yang mempercayakan UPT SD Garuda Makassar sebagai tempat PPL kali ini.

Baca Juga :   Puluhan Siswa SMA di Gowa Kompetisi Baca Surat Kartini Berbahasa Inggris, Ini Juaranya

Lebih lanjut Farida menyampaikan bahwa banyak Hard skill yang di dapatkan oleh mahasiswa selama PPL diantara kemampuan paedagogik mahasiswa semakin baik seperti kemampuan membuat perangkat pembelajaran semakin baik, rasa percaya diri berdiri dalam kelas semakin percaya diri.

Farida juga menyarankan agar kemampuan soft skill mahasiswa harus ditingkatkan seperti kedisiplinan, hubungan interpersolan pada kepala sekolah, Pamong, dan guru-guru harus ditingkatkan lagi jangan hanya bagus komunimasinya kepada guru Pamong saja.

Namun secara keseluruhan ibu Farida yang mewakili kepala sekolah sangat puas dengan kehadiran mahasiswa PPG UNM yang melakukan PPL sangat puas dan membangakan semoga tahun mendatang SD Garuda Makassar diberikan mahasiswa PPL selanjutnya. (rls)

dibaca : 1.437



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan


Populer Minggu ini

Arsip

To Top