ikut bergabung

Mussadiyah Serukan Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah, Tanam Cabai dan Cavendish

TANAM. Wakil Ketua TP PKK Gowa Mussaadiyah Rauf bersama kelompok tani Nirannuang Paccinongang menanam pohon pisang dan bibit cabai. (foto/ist)

Sulsel

Mussadiyah Serukan Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah, Tanam Cabai dan Cavendish

GOWA, UJUNGJARI.COM — Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf menyerukan para kader PKK khususnya kalangan ibu rumahtangga agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan rumahtangga.

Pemanfaatan lahan pekarangan yang dimaksudkan adalah menanami pekarangan tanaman bermanfaat yang bisa dinikmati langsung hasilnya seperti cabai, pisang cavendish dan lainnya.

Seruan ini dilakukan Mussadiyah sekaitan mengkampanyekan gerakan penanaman serentak cabai, pisang dan tanaman pelindung lainnya. Khusus di Kabupaten Gowa ada sekira 30 ribu bibit cabai pisang dan tanaman pelindung lainnya yang didistribusikan Pemkab Gowa melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dengan menggandeng TP PKK Gowa sebagai mitra penggerak.

Penanaman serentak 30.000 bibit tanaman cabai, pohon pisang dan pohon pelindung yang dimotori TP PKK Gowa ini dilakukan secara zoom meeting para TP PKK 18 kecamatan.

Dan secara simbolik, penanaman cabai dan pohon pisang dilakukan Wakil Ketua TP PKK Gowa bersama unsur Pemkab Gowa dan masyarakat berlangsung di lahan milik kelompok tani Nirannuang, Kelurahan Paccinongang, Kecamatan Somba Opu, Kamis (6/6) kemarin.

Di sela menanam bibit cabai dan pohon pisang cavendish, Mussadiyah mengatakan, gerakan penanaman serentak ini dalam rangkaian pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan rumahtangga dan mengkampanyekan gerakan tanam cabai, pisang dan pohon pelindung sesuai imbauan TP PKK Sulsel.

Baca Juga :   'Kalasi Dudu' Trik PKK Tinggimoncong Ramaikan Posyandu

“Kebutuhan cabai saat ini di tengah masyarakat cukup tinggi. Bahkan terkadang petani tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat akan cabai tersebut. Karena itu pemerintah melakukan gerakan penanaman ini serentak di kabupaten kota dengan menggandeng TP PKK masing-masing. Dan di Gowa, kita tanam pada 18 kecamatan serentak,” kata istri Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni di Paccinongang.

Dengan menanam cabai dan pisang di halaman rumah, kata Mussadiyah, jelas akan mengurangi pengeluaran dari segi ekonomi masyarakat. Jadi ibu-ibu diimbau tanam cabai dan pisang di halaman rumah. Tanam dan nikmati hasilnya sendiri.

Mussadiyah mengajak masyarakat untuk menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun kesejahteraan keluarga serta mendukung visi misi Indonesia maju melalui partisipasi dalam gerakan penanaman cabai dan pohon pelindung di pekarangan rumah.

Kegiatan penanaman cabai, pisang cavendish dan pohon pelindung ini sebagai gerakan untuk ketahanan pangan Kabupaten Gowa, utamanya ketahanan pangan keluarga. Mussadiyah menegaskan program penanaman ini akan menjadi program tahunan TP PKK Gowa bekerjasama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemkab Gowa. –

dibaca : 253



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top