ikut bergabung

Setelah PPK dan PPS, Pekan Ini KPU Tana Toraja akan Rekrut PPDP

Politik

Setelah PPK dan PPS, Pekan Ini KPU Tana Toraja akan Rekrut PPDP

MAKALE, UJUNGJARI.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja terus melakukan persiapan menjelang pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah merekrut panitia ah-hoc untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan.

Sebanyak 95 anggota PPK sudah direkrut untuk 19 wilayah kecamatan di Tana Toraja. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan Pilkada, setiap kecamatan beranggotakan lima orang PPK.

“Demikian pula pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebanyak 477 orang juga akan bertugas di 159 kelurahan atau lembang,” kata Ketua KPU Tana Toraja Berthy Paluangan didampingi komisioner lainnya Rahmat Hidayat dan Daniel Ta’dung saat ngopi bareng awak media di Toraja Cafe Kasimpo, Makale, Sabtu (1/6).

Menurut Berthy, tahapan Pilkada lain segera berjalan pekan ini adalah perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilu (PPDP). PPDP akan bertugas melakukan pemutakhiran data pemilu atau Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data penduduk dari Pemerintah.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres dan Pileg lalu megalami perubahan setelah pemutahiran. Hasil coklit dari PPDP akan ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kemudian dilakukan perbaikan menjadi DPT.

Untuk itu selama pemutahiran data pemerintah Kelurahan dan Lembang bekerja sama petugas PPSP akan menyosialisasikan ke masyarakat agar warga yang sudah berusia 17 tahun untuk segera melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar segera masuk daftar pemilih.

Baca Juga :   Polres Fasilitasi Silaturrahmi Paslon Kepala Daerah Tana Toraja dan Toraja Utara

“KPU Tana Toraja terus berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Tana Toraja agar identitas kependudukan warga lebih tertib sehingga saat proses pencoklitan datanya valid,” tambah Berthy. (ags)

dibaca : 1.001



Komentar Anda

Berita lainnya Politik


Populer Minggu ini

Arsip

To Top