ikut bergabung

Gowa Mulai Rumuskan RPJPD 2025-2045, Adnan: Tak Ada Perubahan Tapi yang Ada Keberlanjutan Pembangunan


PERENCANAAN. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wabup Abdul Rauf Malaganni menyerahkan penghargaan kepada para pelaksana Perencanaan Terbaik Gowa. (foto/sar)

Sulsel

Gowa Mulai Rumuskan RPJPD 2025-2045, Adnan: Tak Ada Perubahan Tapi yang Ada Keberlanjutan Pembangunan

Meski demikian, Sukarniaty mengatakan tetap perlu memperhatikan strategi pelaksanaan pembangunan, karena itu harus memperhatikan isu-isu global.

“Musrenbang ini merupakan forum dialog antara seluruh pemangku pembangunan di daerah untuk mensinkronkan perencanaan pembangunan provinsi dengan perencanaan pembangunan kabupaten kota. Arah kebijakan harus dipadukan dengan kebutuhan masyarakat dari bawah dengan mempertimbangkan dari berbagai aspek, ” tambah Sukarniaty.

Visi Kabupaten Gowa tahun 2045 adalah
‘Kabupaten Gowa Maju, Unggul dan Berkelanjutan’. Dari visi ini Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan inilah alasan pemerintah daerah harus membuat perencanaan dari tahun 2025 hingga 2045.

“Tidak ada itu namanya perubahan pembangunan tapi yang ada adalah keberlanjutan pembangunan. Hari ini kita buat perencanaan 20 tahun ke depan. Kalau kita maju, Gowa atau Sulsel bahkan Indonesia ini akan terus maju. Makanya kita harus melanjutkan pembangunan. Jadi kalau mau memilih pemimpin harus yang punya program melanjutkan. Jadi keberlanjutan pembangunan kita di Gowa ini akan sampai ke tahun 2045. Kenapa ? Karena disitulah diprediksi Indonesia mencapai keemasannya di tahun 2045 tersebut, ” papar Adnan saat membuka Musrenbang RPJPD 2025-2045 ini.

Dikatakan Bupati Gowa, hari ini penyatuan visi dan pandangan dilakukan bersama untuk melihat Kabupaten Gowa 20 tahun ke depan.

“Semoga seluruh program yang telah kita canangkan segera dilanjutkan. Dan semoga program direncanakan bisa berjalan dengan baik. Saya adalah orang yang beruntung karena pada tahun kemarin dari 514 bupati walikota di Indonesia yang ikut pelatihan singkat Lemhanas, saya termasuk dalam 18 kepala daerah yang terpilih ikut Lemhanas di Singapura. Dalam selama tiga bulan ikut pendidikan singkat di Singapura yang belajar bagaimana membuat perencanaan pembangunan jangka panjang dengan menilik pola dan cara yang dilakukan pemerintah Singapura. Alhamdulillah hasil dari pendidikan itu kita terapkan di Indonesia termasuk di Gowa bahwa program keberlanjutan harus dilakukan terus, ” kata Adnan.

Baca Juga :   Karaeng Kio Resmi Daftar Bacabup di PDIP, Ini Kata Andi Hikma

Musrenbang RPJPD 2025-2045 ini dilaksanakan sehari ditandai penyerahan penghargaan kepada sejumlah perencanaan OPD Terbaik yakni Dinas Pendidikan, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Sedang untuk pelaksana Musrenbang kecamatan Terbaik adalah Kecamatan Barombong, Kecamatan Bungaya dan Kecamatan Somba Opu.

dibaca : 359

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top