ikut bergabung

Sejumlah UMKM Ramaikan CFD Sudirman, Sikaporo dan Cendol Malino Ikut Ngelapak

LAPAK. Puluhan UMKM yang tergabung dalam grup RC ngelapak di CFD Jl Jenderal Sudirman Makassar. (foto/sar)

Makassar

Sejumlah UMKM Ramaikan CFD Sudirman, Sikaporo dan Cendol Malino Ikut Ngelapak

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Sejumlah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang tergabung dalam Ridoh Challenge (RC) menggelar penjualan produk-produk unggulan berupa jajanan lokal di area car free day Jl Jendral Sudirman, Makassar, Minggu (19/5) pagi.

Para UMKM tersebut, menggelar lapaknya dengan sasaran pasar para warga yang sedang beraktivitas di CFD Sudirman tersebut. Jajanan pasar yang dijual para UMKM selain dari produk-produk paten mereka dalam kemasan seperti kripik pisang, kacang tanah olahan, paru rica, bakpia markisa, cemilan kacipok, berbagi kripik buah atau cemilan berbahan dasar olahan tanaman buah, takoyaki dan kue talanan sikaporo serta cendol khas Malino.

Ridwan Mochsen selaku koordinator sekaligus mentor dari Ridoh Challenge kepada BKM di area CFD Sudirman mengatakan RC ini baru dibentuknya dua bulan lalu. Hadirnya RC ini bukan sebagai organisasi tapi sebuah grup yang keanggotaannya merangkul para UMKM baik dari craft, makanan, minuman, fesyen dan lainnya.

“Saya mengumpulkan para UMKM menjadi satu grup yang saya beri nama Ridoh Challenge atau RC. Mereka dari berbagai UMKM ada yabg bergerak bidang craft makanan, minuman, fesyen dan lainnya. Grup RC ini bergerak mandiri dan saya fasilirasi mereka tujuan utamanya adalah mendekatkan UMKM pada pasar dan meningkatkan wawasan mereka sehingga menjadi UMKM yang produksinya lebih berkualitas dan yang paling utama bisa segera mendapatkan cuan. Karena hal utama yang dikejar para pelaku UMKM ini adalah pendapatan. Nah agar pendapatannya bagus, maka kita carikan jalan sehingga mendekati pasar tentunya dengan mengedepankan kualitas produksi dan cara memasarkan, ” kata Ridwan atau lebih akrab disapa Ridoh ini.

Baca Juga :   Pengajian Rutin PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail Ingatkan Pentingnya Disiplin Diri

Untuk pembinaan secara umum, kata Ridoh, para UMKM binaannya itu tentunya telah mendapatkan pembekalan dan pelatihan serta bimbingan yang baik dari Dinas Perdagangan Perindustrian, Dinas Koperasi UKM dan lainnya.

Sementara masuk di grup RC, para UMKM ini diajari cara menangkap peluang untuk peningkatan omzet.

“Jadi saya beri mereka pengetahuan tambahan termasuk hal kemasan, pemasaran, sertifikasi halal, BPOM dan lainnya. Untuk saat ini anggota RC ini sudah berkisar 35 UMKM. Ada dari Makassar, Gowa dan Maros. Kalau dari Gowa itu UMKM Dapoer Noyutri asal kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong, “‘ tambah Ridoh.

Alasan Ridoh menyatakan para UMKM di RC ini adalah untuk memberikan wadah diskusi, sharing informasi, solutif dan wadah bersantai para UMKM. Jadi mereka kata Ridoh tidak hanya sharing soal kegiatan-kegiatan event, kegiatan penambah wawasan atau pelatihan, tapi juga wadah ini dijadikan sarana saling support satu sama lain.

dibaca : 574

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar


Populer Minggu ini

Arsip

To Top