GOWA, UJUNGJARI.COM — Membuka Kongres Anak dan Grand Final Pemilihan Duta Anak 2024 Kabupaten Gowa, Jumat (10/5) siang di Ballroom Maxone Hotel Makassar, Pj Sekretaris Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania, mengaku sangat mengapresiasi inovasi pemberdayaan dan perlindungan anak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Gowa.

Karim berharap pelaksanaan kongres dan pemilihan Duta Anak di Gowa terus berkelanjutan demi memberikan ruang gerak anak dalam menampilkan bakat dan talentanya sebagai generasi muda yang dibanggakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut Karim, untuk kegiatan positif seperti ini tentunya Pemerintah Kabupaten Gowa akan terus mendukung.

“Harapan kami kegiatan anak-anak ini dilakukan berkesinambungan dan kita jadikan barometer untuk menggerakkan seluruh potensi anak-anak kita yang mungkin saja kita menyelamatkan dari hal-hal dan pengaruh negatif dan mengalihkan perhatian mereka pada kegiatan positif, ” kata Karim.

Sementara, Kadis P3A Kabupaten Gowa Kawaidah Alham mengatakan, Kongres Anak dan pemilihan Duta Anak Kabupaten Gowa adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan DP3A untuk memilih empat orang anak terbaik yang akan mewakili Kabupaten Gowa menjadi Duta Anak Sulawesi Selatan.

“Hal ini juga menjadi role model anak di Kabupaten Gowa. Forum Anak merupakan mitra pembangunan Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan partisipasi anak yang erat kaitannya dengan pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan dan berkemajuan demi mewujudkan Indonesia emas 2045. Untuk itu peran forum anak khususnya Duta Anak sebagai agen 2P (pelopor dan pelapor) sangat dibutuhkan demi keberlangsungan Indonesia ke depan, ” kata Kawaidah.

Dikatakannya, kehadiran Forum Anak di Kabupaten Gowa sudah ada sejak 2011 hingga 2024 ini. Itu artinya, tambah Kawaidah, sudah sekitar 13 tahun Forum Anak Hasanuddin Tamallajjua (Fahasta) aktif berkontribusi dan aktif mengabdi untuk seluruh anak di Kabupaten Gowa.

Dalam grand final Duta Anak Gowa 2024 ini sebanyak 25 orang anak yang berhasil masuk grand final dari 50 anak yang menjadi peserta pemilihan Duta Anak Gowa.

Dari 25 finalis, mengerucut ke 12 besar kemudian menjadi 6 besar. Dari jenjang itu, para finalis terus memperlihatkan skill dan kepiawaiannya dalam setiap item penilaian dihadapan lima dewan juri masing-masing
Kadis P3A Gowa Kawaidah Ilham, Kabid Pemberdayaan dan Perlindungan Anak DP3A Gowa Sutrawati Rasyid, Demisioner Forum Anak Gowa Bripda Gufron, Duta Anak 2016 Afifah Scholtan serta Fasilitator Daerah Forum Anak Sulawesi Selatan Arsal Andika.

Dalam grand final ini akan terpilih empat Duta Anak masing-masing dua putra dan dua putri, serta Duta Anak kategori Favorit dan Duta Anak kategori Sosmed. –