ikut bergabung

Adnan Optimis Gowa Masuk Tiga Terbaik PPD 2024 se Indonesia


PRESENTASE. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan melakukan presentase terkait Inovasi Proksi Rumah Produktif kepada tim penilai PPD II 2024. (foto/ist)

Berita

Adnan Optimis Gowa Masuk Tiga Terbaik PPD 2024 se Indonesia

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sebagai satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang masuk 10 besar pada penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) pada 2024 ini, Pemerintah Kabupaten Gowa sangat optimis bisa berada di peringkat terbaik dalam tiga besar nanti.

Hal itu disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melakukan presentase dihadapan tim penilai PPD II 2024, di Baruga Karaeng Pattingaloang kantor Pemkab Gpwa, Senin (25/3) siang.

Dalam kegiatan penilaian dengan agenda wawancara dan verifikasi lapangan itu, Adnan mengatakan, presentasi ini merupakan tahap kedua setelah dirinya melakukan presentasi perdana beberapa waktu lalu untuk menentukan daerah yang mewakili provinsi Sulawesi Selatan dalam PPD ini.

Baca Juga

Kalau tahun sebelumnya, Pemkab Gowa mengajukan inovasi Kampung Rewako, maka dalam PPD tahap II ini, Pemkab Gowa menghadirkan inovasi Proksi Rumah Produktif sebagai upaya pemulihan perekonomian untuk mencetak usahawan baru dan meningkatkan kompetensi pelaku UMKM yang telah ada.

Dalam PPD ini disebutkan Pemerintah Kabupaten Gowa menjadi satu-satunya perwakilan kabupaten di Sulawesi Selatan yang berhasil masuk 10 besar kabupaten di seluruh Indonesia pada PPD 2024 yang diselenggarakan oleh Bappenas RI.

Atas capaian itu, Pemerintah Kabupaten Gowa masuk ketahapan selanjutnya (kedua) yakni wawancara dan verifikasi lapangan oleh tim penilai terkait Inovasi Proksi Rumah Produktif yang dipercaya mampu jadi solusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan sejalan dengan tema rencana kerja pemerintah tahun 2024 yakni mempercepat transformasi ekonomi yang inklusi dan berkelanjutan.

Baca Juga :   Dokter Fadli Resmikan Gerakan Bangkit Dari Masjid

“Alhamdulillah kita menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang masuk 10 besar kabupaten terbaik di Indonesia untuk penghargaan ini. Kami bersama stakeholders terkait selalu bekerja memberikan yang terbaik untuk Gowa, Sulsel bahkan Indonesia secara keseluruhan. Sehingga jika tahun lalu Gowa bisa masuk rangking IV nasional dari 416 kabupaten se-Indonesia maka tahun ini kita optimis bisa masuk rangking III besar,” kata Adnan.

Di hadapan tim penilai, Adnan memaparkan Inovasi Proksi Rumah Produktif yang merupakan inovasi baru. Dimana rumah produktif ini sebagai pusat informasi, konsultasi dan pelatihan UMKM serta menjadi sebuah ekosistem bisnis model pemberdayaan UMKM dari hulu ke hilir dengan pendekatan masalah dan kebutuhan pelaku UMKM.

“Inovasi Rumah Produktif ini telah dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Gowa dan 167 desa/kelurahan yang didalamnya merupakan IKM binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, UMKM binaan Dinas Koperasi serta Kampung Rewako dan BUMDes binaan Dinas PMD yang berproduksi secara simultan,” jelas Adnan.

dibaca : 217

Laman: 1 2 3



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top