ikut bergabung

Dispora Sulsel Mulai Budayakan Olahraga Tradisional Hadang dan Terompah


TRADISIONAL. Permainan terompah kini jadi olahraga tradisional yang mulai dibudayakan Dispora Sulsel. (foto/ist)

Olahraga

Dispora Sulsel Mulai Budayakan Olahraga Tradisional Hadang dan Terompah

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Permainan tradisional berupa hadang dan terompah kini menjadi target jajaran Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sulsel untuk dijadikan olahraga tradisional.

Betapa tidak, dua permainan tradisional ini dijadikan kegiatan olahraga dan dijadikan salah satu event lomba menarik di masyarakat.

Dua permainan tradisional yakni hadang dan terompah ini dijadikan event lomba oleh Dispora Sulsel dan dihelat dua hari yakni Sabtu-Minggu (2-3/9/2023) lalu di lapangan futsal Tekolampe, Jl Emmy Saelan, Kelurahan Biringe, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai.

Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulsel Suherman mengatakan, pelaksanaan kejuaraan olahraga tradisional ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi penyuka olahraga tradisional yang ada di Sulawesi Selatan.

“Selain itu kita juga pastinya mencari bibit-bibit atlet olahraga tradisional yang nantinya dapat bersaing di tingkat nasional. Adapun sasaran kejuaraan ini adalah terlaksananya kejuaraan olahraga multi event dan single event sebagai sarana berkompetisi yang sasarannya adalah atlet-atlet muda olahraga tradisional yang ada di Sulawesi Selatan, ” kata Suherman.

Dalam kejuaraan olahraga tradisional tahun tersebut memperlombakan dua jenis olahraga tradisional yakni permainan hadang dan terompah.

Dijelaskan Suherman, olahraga hadang adalah olahraga permainan atau lazim disebut dalam bahasa Makassar adalah galah asing. Permainan ini tidak mempergunakan alat apapun dan dilakukan beregu baik putra maupun putri. Cara mainnya adalah saling hadang menghadang dua kubu atau dua tim.

Baca Juga :   Prof Husain Syam Lepas Mahasiswa UNM yang akan Berlaga di PON Papua

Sementara olahraga terompah adalah permainan yang menggunakan alat berupa alas kaki jenis terompah yang dibuat khusus secara beregu. Alatnya terbuat dari lembaran karet ban kendaraan yang dibuat sendal dan dipasang di atas balok panjang yang memuat tiga pasang kaki atau lebih. –

dibaca : 152



Komentar Anda

Berita lainnya Olahraga

Populer Minggu ini

Arsip

To Top