ikut bergabung

Tak Ingin Stok dan Harga Bermasalah, Adnan Minta Tindak Tegas Distributor Nakal

STOK. Adnan Purichta Ichsan rapat bersama TPID Gowa membahas kondisi stok dan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan. (foto/ist)

Sulsel

Tak Ingin Stok dan Harga Bermasalah, Adnan Minta Tindak Tegas Distributor Nakal

GOWA, UJUNGJARI.COM — Bulan Ramadan tersisa dua hari lagi. Dipastikan tingkat kebutuhan masyarakat akan kebutuhan pokok dan lainnya meningkat. Karenanya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meminta seluruh stakeholders khususnya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa untuk memastikan ketersediaan stok serta stabilisasi harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri nanti.

Adnan menegaskan, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh stok kebutuhan pokok, terlebih sudah tidak adanya Covid-19 sehingga akan banyak kegiatan-kegiatan buka puasa bersama, banyak pasar malam dan banyak kegiatan ngabuburit.

“Aktivitas masyarakat ini akan lebih banyak di bulan Ramadan dan semuanya menjadi tugas kita selaku pemerintah untuk memastikan kebutuhan pokok tersedia dengan baik dan harga juga normal, ” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat mengikuti high level meeting dalam rangka menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah di Baruga Karaeng Pattingalloang, kantor Bupati Gowa, Rabu (6/3) kemarin.

Baca Juga

“High level meeting dilakukan dalam rangka persiapan bulan suci Ramadan dimana kita memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh stok kebutuhan pokok. Tak hanya ketersediaan bahan pokok, namun salah satu hal yang penting yakni tidak adanya kenaikan signifikan. Jika ada permainan oleh distributor maka tindak dengan tegas, ” tandas Adnan.

Dikatakan Adnan, jika terjadi kenaikan dan itu hanya 10 persen naiknya maka tidak masalah.

Baca Juga :   Ketua Bhayangkari Sulsel Resmikan Kantor Bhayangkari Cabang Bulukumba

“Tapi kalau kenaikannya sudah berkali-kali lipat akan dilakukan intervensi dan apabila ada yang melakukan permainan, maka Polres dan Kejaksaan akan tegas bertinfak. Tidak ada lagi diskusi yang harus dilakukan tapi langsung penegakan hukum,” tandas Bupati Gowa ini.

Karenanya, Adnan pun berharap melalui high level meeting ini seluruh SKPD terkait dapat segera melakukan peninjauan lapangan untuk memastikan ketersediaan sekaligus memantau kenaikan harga sehingga dapat memetakan langkah yang akan dilakukan Pemkab Gowa.

“Segera cari tahu dari sekarang karena kenaikan biasanya terjadi karena stoknya yang berkurang berarti jalan keluarnya peningkatan produksi dengan cara pemerintah yang menyiapkan untuk melakukan supply, dengan melakukan kerjasama antar daerah dengan ambil barangnya, kita siapkan uangnya dan kita siapkan Kodim dan Polres untuk mengawasi pendistribusiannya,” tandas Adnan.

Sementara Pj Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa Abdul Karim Dania mengaku secara umum pelaksanaan rapat penting TPID ini harus dilakukan untuk mencermati, mengawasi ketersediaan stok dan kondisi harga kebutuhan pokok khususnya ketersediaan beras yang beberapa waktu belakangan ini di beberapa daerah mengalami kekurangan dan harga naik.

dibaca : 56

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top