Site icon Ujung Jari

Kepsek dan Bendahara Sekolah Dilatih Input RKAS

MAROS, UJUNGJARI.COM – Para bendahara sekolah khususnya di SMP harus cekatan dan cermat membuat atau menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Penginputan RKAS ini harus bagus agar di kemudian hari tidak menimbulkan masalah pada penggunaannya, khususnya penggunaan dana BOS.

Hal ini dikatakan Kadis Pendidikan Kabupaten Maros Andi Patiroi saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) penginputan ARKAS, Jum’at (23/2).

Dikatakan Patiroi, para pengelola dana BOS harus paham sistem pembelanjaan dana negara.

“Iya harus dipahami cara penginputan dan harus disusun dengan baik agar dalam pelaporan akhir nantinya tidak menimbulkan masalah, ” tegas Patiroi.

Dikatakannya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan semuanya dapat lebih memantapkan rencana kerja untuk sekolahnya masing-masing dan dapat segera menginput ke dalam RKAS-nya.

Dalam Bimtek itu, sebanyak 130 kepala sekolah dan bendahara SMP ikut. Bimtek ini dilaksanakan tiga hari di Hotel Dalton Makassar dihadiri Kabid Pembinaan SMP Jamaluddin, Ketua APSI Maros Jabaruddin, Ketua MKPS SMP Maros Syamsuddin dan Kasi Pembinaan SMP Andi Takdir.

Dalam kesempatan itu, Ketua MKKS SMP Kabupaten Maros Syamsuddin mengatakan kegiatan Bimtek ini diikuti kepala sekolah SMP negeri dan swasta serta para bendaharawan BOS dan operator sekolah.

”Selama tiga hari kepala sekolah dan bendahara dibimtek terkait penyusunan Arkas,” ujar Syamsuddin.

Syamsuddin mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan agar setiap sekolah nantinya dapat mempercepat sekolah untuk menginput RKAS yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran 2024.

“Masing-masing peserta bekerja untuk menyusun kedalam sistem aplikasi online yang telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi,” sebut Syamsuddin.-

Exit mobile version